Lewat fitur Parties dan Rooms, Oculus sejatinya ingin menunjukkan bahwa virtual reality juga bisa mengedepankan aspek sosial. Oculus tentunya tidak mau berhenti sampai di titik itu saja, apalagi mengingat perusahaan yang mengakuisisinya merupakan media sosial terbesar sejagat.

Baru-baru ini, Oculus memperkenalkan fitur live streaming ke Facebook untuk Samsung Gear VR. Fitur ini memungkinkan semua pengguna Gear VR untuk menyiarkan konten apa saja yang sedang ia nikmati ke seluruh temannya di Facebook hanya dengan mengklik satu tombol saja. Lebih jelasnya, tonton saja video di bawah ini.

Selain live streaming, fitur baru lain adalah Oculus Events. Fitur ini dirancang supaya pengguna Gear VR dapat menghadiri eventevent publik dan berinteraksi dengan pengguna lain. Untuk mengakses semua event yang ada, pengguna tinggal membuka tab baru berlabel “Events” di perangkatnya masing-masing.

Event yang disajikan bervariasi dari sekadar game multiplayer atau turnamen, sampai kuis trivia maupun seminar teknologi. Untuk event mendatang, Anda bisa menetapkan reminder sekaligus melihat berapa orang yang juga tertarik mengikuti event tersebut.

Oculus Events / Oculus
Oculus Events / Oculus

Terakhir, Oculus menghadirkan fitur Oculus Voice untuk Rift maupun Gear VR. Sesuai dugaan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian atau menavigasikan Oculus Home menggunakan perintah suara.

Fitur ini untuk sementara baru mendukung bahasa Inggris saja. Ke depannya, Oculus berkomitmen untuk terus menambahkan fungsionalitas baru yang lebih kontekstual.

Sumber: Oculus.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.