9 December 2014

by Yoga Wisesa

Samsung Gear VR Sudah Mulai Dijual, Harganya Terjangkau

Tak sama seperti Sony, Oppo dan Carl Zeiss, dalam memasuki wilayah virtual reality, Samsung memutuskan tidak melakukannya sendirian. Ketika resmi diungkap, akhirnya kita tahu perangkat VR pertama Samsung sebenarnya merupakan proyek kolaborasi antara sang raksasa Korea itu dengan Oculus VR, dimana mereka telah mengerjakannya selama setahun penuh.

Gear VR memanfaatkan ramuan berbeda, dan ditujukan pada khalayak target yang berbeda pula. Saat Oculus Rift diracik dari awal untuk mengekspansi pengalaman gaming dengan mengajak Anda masuk ke alam virtual, Gear VR adalah pelengkap smartphone Samsung, mampu mengadopsi konten mobile ke dunia virtual reality. Dan berita baiknya, akhirnya Anda bisa memesan Gear VR sekarang juga.

Layaknya Development Kit Oculus Rift, versi awal Gear VR ini sebetulnya ditujukan khusus bagi developer dan para antusias VR, bukan konsumen biasa. Namun jika Oculus Rift membutuhkan sedikit keahlian dalam mengutak-utik firmware serta SDK, Anda tak perlu memahami coding untuk menggunakan Gear VR. Perangkat tersebut dirancang sebagai medium dalam menikmati video, film atau beberapa permainan mobile yang mendukungnya.

Samsung Gear VR memerlukan handset Galaxy Note 4 agar dapat bekerja, dan ia tidak kompatibel dengan model lain (termasuk Note 4 versi Verizon). Buat sekarang, beberapa permainan masih membutuhkan gamepad Android. Menariknya, Samsung mengklaim Gear VR mereka mampu menyuguhkan video, gambar dan permainan panoramic seluas 360 derajat.

 

Info menarik: Samsung Ungkap Perangkat Virtual Reality Gear VR, Didukung Teknologi Oculus Rift

 

Berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah menjajalnya, Gear VR mempunyai tingkat framerate lebih rendah dari Oculus Rift Development Kit 2. Kemudian headset belum memiliki fitur pelacak posisi kepala. Tapi perlu kita ingat, Gear VR didesain untuk fungsi mobilitas - seperti device mobile. Sedangkan Oculus Rift ialah headset yang Anda kenakan saat duduk tenang di depan PC ataupun home console.

Gear VR menawarkan teknologi display Super AMOLED 5,7-inci di Galaxy Note 4. Satu setnya dibundel bersama SD card 16GB yang berisi konten starter pack, adaptor, serta buku petunjuk, kain pembersih lensa dan lain-lain. Saat ini cuma ada satu pilihan warna, yaitu putih. Anda bisa menambahkan US$ 20 untuk mendapatkan Samsung Gear Circle, atau US$ 30 untuk Samsung Gamepad-nya.

Melalui situs resmi Samsung, Gear VR hanya dibanderol US$ 200. Pengumuman tersebut menampik semua asumsi yang menyatakan bahwa headset VR mereka mungkin harganya akan mahal. Samsung juga mengajak Anda untuk menjadi penulis review pertamanya.