Categories

Home Appliance

Samsung Hadirkan QLED 8K TV ke Indonesia, Suguhkan Cinematic Experience di Rumah

Samsung juga meluncurkan rangkaian Digital Appliances berkapasitas besar dan hemat energi

Lukman Azis - 29 April 2019

Setelah diungkap secara detail pada ajang Samsung Forum 2019 di Singapura – bulan Maret lalu, Samsung Electronics Indonesia akhirnya menghadirkan rangkaian produk elektronik terbaru mereka ke Indonesia. Produk yang paling disorot ialah lini TV yang dilengkapi resolusi 8K pertama di dunia.

Ya, resolusi 8K mungkin terdengar sangat berlebihan untuk saat ini. Resolusi 8K artinya 4 kali lebih tinggi dari resolusi UHD (4K) dan 16 kali lebih tinggi dari resolusi 1080p.

Kenapa Samsung menghadirkan QLED 8K TV ini ke Indonesia? Dari sisi konten masih minim sekali, kecepatan internet untuk streaming konten 8K juga belum memadai, dan tentunya harganya sangat tinggi.

Ubay Bayanudin selaku Senior Product Marketing Manager TV and AV Samsung Electronics Indonesia memaparkan alasannya, menurut Samsung tren TV dengan layar besar semakin tinggi di Indonesia. Berangkat dari situ, Samsung merasa TV yang besar juga perlu jumlah piksel yang lebih tinggi pula.

“Samsung adalah pioner, kami tidak mau membuat konsumen kami menunggu. Masa depan itu harus ada sekarang, kami membawa resolusi 8K sekarang.” Ungkap Ubay Bayanudin.

Dari sisi konten, ketersediaan konten dengan resolusi 4K memang sudah menjamur. Banyak smartphone dan kamera mirrorless yang mampu merekam video 4K. Meski begitu, kebanyakan standar konten saat ini masih berada di resolusi 1080p.

Untuk mendobrak batasan minimnya ketersediaan konten 8K dan membawa masa depan sekarang juga, Samsung memperkenalkan fitur Intelligent AI-based upscaling. Sebuah solusi yang mampu meningkatkan kualitas gambar dari resolusi lebih rendah seperti SD, HD, FHD, dan 4K menjadi kualitas 8K yang lebih baik, sehingga gambar terlihat lebih nyata saat ditampilkan di QLED 8K TV.

Disebut AI karena memiliki engine yakni mechine learning super resolution dengan Quanntum Processor 8X yang mampu belajar menciptakan ribuan algoritma. Prosesor ini mampu melakukan render 33 juta piksel dengan kualitas 8K secara real-time dan high-res.

Apapun yang ditonton, baik itu acara TV, streaming video, konten dari set top box atau dari USB sekalipun bisa ditampilkan dalam resolusi 8K pada QLED 8K TV ini. Upscaling sendiri ada tiga jenis, pertama membuat objek yang tidak ada menjadi ada, kedua menghilangkan noise, dan ketiga mempertajam pinggiran gambar.

Teknologi AI Upscaling Samsung ini mampu melakukan ketiganya. Data yang masuk akan diklasifikasikan dulu sebelum diolah atau di-upscalling, tentu saja semakin bagus source-nya semakin bagus juga hasilnya.

“R&D kami telah menghabiskan lebih dari sepuluh tahun untuk menggabungkan teknologi upscaling. Ini adalah permulaan era baru teknologi TV, industri TV menyajikan lini yang beragam sehingga kedepannya produk akan tersedia dengan harga yang lebih terjangkau. Kami yakin perkembangan teknologi yang tidak terbendung membuat konten 8K akan tersedia lebih cepat.” Tambah Ubay Bayanudin.

Tak hanya gambar, AI sound mampu menyempurnakan kualitas audio setiap adegan secara real-time. Kehadiran Bixby memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan QLED 8K TV melalui perintah suara, yang akan membantu konsumen layaknya asisten pribadi.

Samsung QLED TV 8K menawarkan resolusi 7.680×4.320 piksel dan tersedia dalam ukuran 65 inci hingga 98 inci. Dengan desain bezel-less yang modern, yang dapat memberikan sentuhan kontemporer pada ruangan Anda.

QLED 8K TV memiliki tingkat kecerahan 5.000 nit, standar yang kebanyakan dipakai oleh studio Holywood. Serta didukung oleh berbagi teknologi seperti Quanntum, Direct Full Array, HDR10+, dan lainnya.

QLED 8K TV telah tersedia di pasaran Indonesia, berikut harganya:

  • 65 inci dengan harga Rp80.499.000
  • 75 inci dengan harga Rp119.999.000
  • 82 inci dengan harga Rp166.999.000
  • 98 inci dengan harga Rp1.499.000.000

Samsung juga memperkenalkan rangkaian Digital Appliances terbaru sebagai solusi keluarga modern untuk mengoptimalkan keseharian mereka di rumah yaitu Kulkas Samsung Side by Side dengan teknologi SpaceMax berkapasitas penyimpanan terbesar di kelasnya, dan AC Inverter dengan Digital Inverter 8 Pole yang inovatif, mampu menghembuskan udara dingin lebih cepat dan penggunaan energi yang lebih efisien, sehingga dapat membuat keseharian konsumen lebih nyaman.

Kulkas Samsung Side by Side dengan SpaceMax telah tersedia di pasaran, dengan rangkaian harga Rp15.000.000 hingga Rp20.000.000. Sedangkan rangkaian Air Conditioner Inverter hadir dengan rangkaian harga Rp5.000.000 hingga Rp9.000.000.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter