Categories

Gadget

Samsung Hadirkan QLED 8K TV Q950TS dan Q800T di Indonesia

Samsung QLED 8K TV ini hadir dengan generasi terbaru Quantum Processor 8K dengan AI Upscaling, Smart View, dan Tap View

Lukman Azis - 21 April 2020

Sebelumnya Samsung Electronics Indonesia telah memperkenalkan tiga produk digital appliances meliputi Samsung Air Dresser, Air Purifier dan Wind-Free AC. Kali ini, Samsung menghadirkan generasi terbaru jajaran QLED 8K TV bagi masyarakat Indonesia.

Televisi layar besar semakin diminati oleh pasar dan di televisi semacam inilah resolusi 8K paling berperan. Jajaran Samsung QLED 8K TV 2020 menghadirkan tontonan imersif dan fitur pintar mendukung pengguna menikmati konten yang hadir seakan-akan nyata di depan mata,” ujar Fomalhaut Sundamen, TV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung pun memahami bahwa situasi pandemi yang kini dihadapi seluruh masyarakat Indonesia membuat kebanyakan aktivitas dilakukan di rumah saja. Dan kami percaya teknologi dan inovasi yang dimiliki QLED 8K TV dapat mendukung aktivitas anggota keluarga, supaya tetap produktif, bersemangat, dan tetap mendapatkan hiburan maksimal saat #stayathome,” tambah Fomalhaut Sundamen.

QLED 8K TV Q950TS

2020_Q950T_Infinity_screen

QLED 8K TV terbaru Q950TS ini mengusung Infinity Screen, di mana bezel di sekitar layarnya sangat tipis dengan rasio screen-to-body hingga 99 persen. Saat menonton dari jarak 3 hingga 4,5 meter jauhnya, konsumen bahkan dapat menikmati efek Infinity Screen dengan bezel yang seolah menghilang. QLED 8K TV ini hanya setipis 15 milimeter untuk keseluruhan layar, sehingga dapat menempel rata pada dinding.

Generasi terbaru Quantum Processor 8K pada Q950 meningkatkan kekuatan AI Upscaling yang menggunakan machine learning untuk menganalisis setiap adegan konten, piksel demi piksel. Kemudian memulihkan setiap elemen yang berbeda pada gambar untuk menghasilkan gambar 8K yang jernih, apapun sumber kontennya.

AI pada Q950 juga ditingkatkan agar pengguna dapat menikmati konten dalam lingkungan apapun, baik ruangan terang benderang di siang hari atau di malam yang redup. Ketika sensor TV tradisional hanya dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya, Adaptive Picture selangkah lebih maju dengan menyesuaikan distribusi cahaya dalam setiap adegan.

QLED 8K TV juga telah memiliki teknologi untuk memutar konten 8K Youtube secara real-time tanpa tertinggal melalui AV1, yang merupakan teknologi kompresi yang paling umum dipakai. Sementara itu, karena AV1 codec mendukung HDR10+, konsumen dapat menikmati konten streaming HDR 8K yang benar-benar hidup melalui kontras dan kecerahan yang disesuaikan secara dinamis.

Konsumen pun dapat menikmati konten 8K kreasinya sendiri. Lewat Samsung Galaxy S20 Ultra yang telah dilengkapi dengan perekaman video 8K, bagikan video di YouTube, dan menikmati konten di layar besar dengan mentransfernya ke QLED 8K TV lewat fitur Smart View atau Tap View.

2020_Samsung QLED TV Q950T_4

Karena audio sama pentingnya dengan visual, Q950 pun dilengkapi dengan speaker di setiap sudut layar dan memiliki sub-woofers di bagian belakang. Ketika dikombinasikan dengan Object Tracking Sound+, yang menggunakan software AI untuk mampu menandingi kecepatan suara audio dengan pergerakan objek pada layar sehingga dapat menghasilkan 5.1 channel surround sound.

Q950 juga dapat menyesuaikan volume dialog sebagai respon untuk suara latar seperti blender atau vacuum cleaner. Active Voice Amplifier (AVA) mendeteksi jenis suara tersebut dan secara otomatis meningkatkan kejernihan suara. Saat Anda menonton sementara anggota keluarga lain memasak, suara-suara latar tersebut tidak akan mengganggu kenikmatan menonton.

2020_QLED_Tap_View

Berbagai fungsi cerdas pada Q950 turut mendukung agar pengguna dapat melanjutkan pekerjaan saat berada di rumah. Tap View memungkinkan konsumen untuk mirroring layar smartphone pada TV, cukup aktifkan NFC kemudian ketukkan smartphone ke QLED TV.

Selain itu, fitur Multi-View memungkinkan pengguna menyaksikan dua sumber layar sekaligus, misalnya dari televisi dan mirroring dari smartphone. Ada 14 layout berbeda, pengguna dapat menyesuaikan pengalaman menonton mereka, mulai side-by-side hingga picture-in-picture.

2020_QLED_Multi_View

Samsung QLED 8K TV 2020 akan tersedia dalam 2 tipe, Q950TS dengan ukuran layar 75 inci dan 85 inci, serta Q800T berukuran 65 inci dan 82 inci dengan harga mulai dari Rp49.999.000 – 159.999.000. Preorder dibuka melalui samsung.com/id pada 20 April – 5 Mei 2020 dan konsumen yang melakukan pre-order akan langsung mendapatkan Galaxy S20 Ultra dan khusus untuk 65 Q800T langsung mendapatkan Galaxy S20.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id