Categories

Gadget

Samsung Indonesia Hadirkan Chromebook 4, Laptop Chrome OS untuk Belajar PJJ

Laptop Chromebook OS Samsung yang pertama dihadirkan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan teknologi di dalam dunia pendidikan

Lukman Azis - 11 June 2021

Samsung Electronics Indonesia telah menghadirkan Chromebook 4, sebuah laptop yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan teknologi di dalam dunia pendidikan. Guna menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di rumah dan tatap muka secara terbatas pada tahun ajaran baru.

Chromebook 4 merupakan perangkat bersistem operasi Chromebook OS Samsung yang pertama dihadirkan di Indonesia. Dengan bentuk ringkas dan durabilitas tinggi memenuhi standar military-grade (Mil-STD-810G), ketebalan hanya 16,7mm dan bobot 1,18kg. Serta, punya daya baterai yang tahan hingga 12,5 jam yang sesuai untuk anak usia sekolah.

Dengan keadaan siswa dan guru yang terbagi di sekolah dan rumah, dunia pendidikan membutuhkan perangkat teknologi yang mudah digunakan di berbagai tempat dan mendukung kolaborasi belajar. Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif,” kata Lukman Basuki, IT & Mobile B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Chromebook 4 ini ditenagai prosesor Intel Celeron N4020 dengan GPU Intel UHD Graphics 600, berjalan pada Chrome OS dan menawarkan pengalaman komputasi berbasis cloud yang terintegrasi secara seamless dengan aplikasi Google. Chrome OS menyediakan akses yang cepat ke aplikasi-aplikasi penting untuk keperluan sekolah termasuk cloud database.

Aplikasi dan penyimpanan data melalui cloud ini memberikan guru dan siswa kemudahan mengakses kelas online, bahan pelajaran, materi pekerjaan rumah, catatan-catatan kelas, maupun tugas-tugas yang membutuhkan kolaborasi, dari mana saja sepanjang koneksi Internet tersedia. Chromebook 4 memiliki konektivitas Gigabit WiFi 5 yang memungkinkan kita men-download dan meng-upload data berukuran besar dengan cepat.

Dalam PJJ, guru dan siswa dapat berkolaborasi dengan lancar dalam pendistribusian dan pengelolaan tugas (Classroom), komunikasi dan kelas online (Gmail, Meet), pengerjaan tugas siswa (Drive). Serta, memungkinkan sinkronisasi file atau mengedit tugas bersama-sama dengan teman sekelas walau lokasi terpisah.

Fitur lainnya Samsung Chromebook 4 memiliki stereo speaker, mic digital internal, dan kamera HD 720p yang membantu video conference kelas online. Juga sudah dilengkapi dengan baterai yang mendukung waktu pakai hingga 12,5 jam, artinya dapat mengikuti kelas online dan mengerjakan tugas sepanjang hari sekali isi ulang.

Laptop berlayar 11,6 inci beresolusi HD ini tersedia dalam warna Platinum Titan, didukung RAM 4GB LPDDR4 dan penyimpanan 32GB eMMC. Serta sudah dilengkapi dengan port USB-C yang multifungsi untuk mengisi ulang baterai dengan cepat, transfer data dalam kecepatan tinggi, atau menghubungkannya ke layar yang lebih besar dengan kualitas 4K.

Samsung juga memberikan perlindungan dan kemudahan pengelolaan terhadap seluruh perangkat Chromebook 4. Bagi lembaga pendidikan yang menggunakan Chromebook 4, disediakan update berkala OS dan software, serta security patches secara reguler. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Samsung Chromebook 4, kunjungi tautan berikut Samsung Chromebook 4.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id