Categories

Business

Samsung (Juga) Siap Luncurkan Sistem Pembayaran Mobile?

Oki Rosgani - 18 December 2014

Persaingan yang berlangsung antara Samsung dan Apple ternyata terus berlanjut, tidak hanya bersaing di sisi hardware, kini Samsung juga dirumorkan tengah bersiap untuk membayangi Apple dengan meluncurkan sistem pembayaran mobile dan akan menjadi rival Apple Pay.

Menurut kabar yang kami lansir dari situs Re/Code via PocketNow, perusahaan yang berbasis di Korea itu dikabarkan tengah bernegosiasi dengan perusahaan bernama LoopPay, sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang sistem pembayaran mobile untuk menjadi partner bisnis Samsung yang rencananya akan menyediakan sistem pembayara mobile pada tahun 2015 nanti.

Jika kerja sama ini telah terjalin, maka nantinya para pengguna smartphone Smasung akan bisa melakukan pembayaran dengan perangkat smartphone mereka tanpa harus menyentuh kartu kredit saat melakukan transaksi.

Proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur NFC (Near Field Communication) yang dibenamkan pada beberapa model smartphone besutan Samsung. Metode ini sebenarnya hampir serupa dengan apa yang kini telah dimiliki oleh Apple Pay dan Google Wallet.

Sedikit berbeda dengan Apple Pay yang menggunakan pendekatan dimana pengguna telah menyimpan data kartu kredit mereka pada akun iTunes masing-masing pengguna, pihak Samsung kemungkinan akan menggunakan metode serupa dengan apa yang telah mereka lakukan dengan PayPal.

 

Info menarik: Cara Mengubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Seperti Xiaomi Tanpa Root

 

Sebelumnya Samsung telah bekerja sama dengan layanan pembayaran online PayPal untuk membenamkan fitur pembayaran dengan menggunakan aplikasi PayPay Mobile. Dengan melibatkan fitur keamanan pembaca sidik jari yang telah hadir pada perangkat smartphone Samsung Galaxy Note 4 dan Galaxy S5, para pemilik akun PayPal dapat melakukan transaksi dengan memanfaatkan fitur sidik jari untuk melakukan pembayaran mereka.

Sementara itu, pihak LoopPay sendiri telah memiliki layanan metode pembayaran yang disebut sebagai 'magnetic secure transmission'. Dengan metode ini para pengguna bisa melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan kartu debit tanpa harus menggesekan kartu tersebut.

LoopPay juga telah membenamkan fitur ini pada semua smartphone dengan membuat sebuah casing smartphone yang telah dijejali dengan kemampuan ini. Pihak LoopPay mengklaim bahwa sistem pembayaran buatannya telah kompatibel dan digunakan oleh 90% toko ritel di Amerika saat ini. Sehingga jika nantinya Samsung berhasil melakukan kerjasama dengan LoopPay maka pihak LoopPay hanya tinggal melakukan sedikit penyesuaian dengan menambahkan fitur NFC di dalamnya.

Belum ada kabar resmi yang dirilis baik oleh pihak Samsung maupun pihak LoopPay, namun di luar dari adanya negosiasi ini, pihak LoopPay disebutkan memang tengah bersiap untuk melakukan ekspansi bisnis layanan mereka pada tahun 2015 nanti, dan jika negosisasi ini telah tercapai, smartphone Samsung dengan fitur LoopPay mungkin baru akan tersedia paling cepat pada kuartal pertama tahun 2015 mendatang.

Sumber: 1, 2 | Gambar Header: Mobile Payment via Shutterstock. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter