12 April 2019

by Bambang Winarso

Samsung Kembali Rilis Smartphone Entry Level, Galaxy A20e

Meski entry level, spesifikasi yang diusung terbilang menarik

Sudah cukup lama kita tak melihat produk keluaran Samsung yang menawarkan spesifikasi yang cukup bagus namun dengan harga terjangkau. Kini, di era seri Galaxy A Samsung tampaknya ingin memberikan warna baru di portofolionya. Setelah kemunculan Galaxy A70 dan A80 yang lebih berkelas, kali ini Samsung secara kalem juga meluncurkan seri yang lebih ramah di kantong dalam seri Galaxy A20e.

Saat rumor perangkat muncul di FCC, banyak orang yang beranggapan bahwa Galaxy A20e akan benar-benar sama dengan dengan pendahulunya. Tidak sepenuhnya benar tapi memang hanya ada dua pembeda antara keduanya, yaitu ukuran layar dan kapasitas baterai. Jadi secara umum, Galaxy A20e tak banyak menyimpang dari bocoran yang didasarkan pada spesifikasi Galaxy A20.

Perubahan paling jelas muncul di bagian layar di mana Galaxy A20e mengemas komponen yang lebih ringkas dari 6,4 inci di Galaxy A20 menjadi 5,8 inci. Layar Infinity V Super AMOLED yang dibawa memiliki resolusi 720 x 1.560 piksel. Spesifikasi lainnya hadir tanpa perubahan, dan bahkan kameranya sama, terdiri dari kamera depan 8 MP dan dua kamera belakang 13MP + 5 MP di bagian belakang.

Sementara di singgana dapur pacu, duduk prosesor Exynos 7884 yang bersanding dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat diupgrade hingga 512 GB. Smartphone dengan dukungan baterai 3.000mAh ini  juga dilengkapi sensor sidik jari yang dipasang di belakang.

Yang menggembirakan, Samsung masih mempertahankan kemampuan pengisian cepat 15 W dan disempurnakan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan polesan Samsung One UI di sisi interface. Sayang Samsung belum buka suara soal harga jualnya.

Tapi yang lebih menarik, Samsung juga mengumumkan kehadiran seri lainnya seperti Galaxy A40 yang satu tingkat lebih bertenaga.

Sumber berita Samsung via GSmArena.