Categories

Gadget

Samsung Kolaborasi dengan Harman Kardon Luncurkan Soundbar HW-N950

Dengan kanal baru, 7.1.4

Dimas Galih W. - 10 September 2018

Selama ini, Samsung mengeluarkan Soundbar yang mendukung bentuk dari TV yang mereka jual sendiri. Soundbar sendiri benar-benar meningkatkan pengalaman suara saat menonton video maupun mendengarkan musik. Kali ini, Samsung melakukan kolaborasi dengan Harman Kardon meluncurkan Soundbar HW-N950 di Residence on 5 Grand Hyatt Jakarta pada awal bulan September 2018 lalu.

Harman Kardon sendiri merupakan perusahaan yang telah diakuisisi oleh Samsung. Akan tetapi, sampai saat ini Samsung dan Harman Kardon sepertinya belum menggabungkan teknologi mereka pada perangkat Soundbar. Dan ini adalah kali pertama keduanya bergabung dalam mengeluarkan Soundbar.

HW-N950 sendiri memiliki konfigurasi kanal 7.1.4 yang menggunakan Dolby Atmos dan DTS:X. Dengan konfigurasi tersebut, Soundbar ini memiliki fasilitas 4K Pass-Through sehingga suara yang dihasilkan tidak diolah secara virtual. Hal ini membuat suara yang dihasilkan lebih jernih.

HW-N950 juga mampu meningkatkan kualitas suara saat terhubung dengan WiFi atau Bluetooth. Samsung menjanjikan bahwa suara dari file MP3 pun mampu di upscale ke 32 bit. Hal ini seharusnya akan meningkatkan suara lebih baik lagi.

Samsung pun optimis bahwa Soundbar yang satu ini bakal laku dipasaran. Hal tersebut dikarenakan penjualannya sudah meningkat sekitar tiga kali lipat semenjak tahun 2015 lalu. HW-N950 sendiri dijual dengan harga Rp. 17.999.000 dan tersedia mulai pertengahan bulan September 2018.

Flat

Kami pun mencoba Soundbar HW-N950 langsung ditempat peluncurannya. Beberapa file termasuk audio dan video pun dipasang untuk membuktikan kemampuan dari HW-N950.

Konfigurasi menggunakan dua speaker pada sisi kanan dan kiri belakang, serta Soundbar dan Woofer ada pada bagian depan. Konfigurasi ini ditempatkan agar dapat mendengarkan suara yang mengelilingi penonton yang ada di bagian tengah.

Soundbar sendiri juga memancarkan suara ke bagian atap. Hal tersebut memanfaatkan plafon langit-langit agar suara yang dihempaskan ke atas memantul ke posisi penonton.

Saat mendengarkan demo, suara yang dihasilkan memang mampu mengelilingi penonton yang ada. Bahkan secara virtual, suara pesawat yang sedang lepas landas terdengar seperti berjalan dari belakang posisi penonton hingga menjauh ke depan.

Akan tetapi, saat mendengarkan audio, suara yang dihasilkan cukup flat. Suara dentuman bass tidak terdengar cukup menendang. Padahal, Woofer yang ada di depan memiliki dimensi yang cukup besar. Besar kemungkinan setting bass yang ada harus dinaikkan.

Walaupun waktu untuk mendengarkan hanya sebentar, Soundbar HW-N950 ini memang memiliki suara yang menggelegar dan yang terutama, jernih. Setiap detail kepakan sayap maupun reruntuhan batu dapat terdengar dengan baik.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter