4 January 2013

by wiku

Samsung Konfirmasi Rencana Rilis Perangkat Berbasis Tizen

Samsung angkat bicara tentang kabar bahwa mereka akan merilis perangkat berbasis Tizen. Melaui email pada BloombergBusinessweek, Samsung membenarkan rencana mereka.

Samsung akan merilis perangkat kompetitif berbasis Tizen tahun ini dan melihat perkembangannya untuk rencana perangkat selanjutnya. Samsung akan melihat reaksi pasar atas produk pertama Tizen dan akan memutuskan untuk strategi selanjutnya.

Tizen sendiri berbasis open source dan didukung oleh beberapa perusahaan ternama, seperti Intel, Samsung, dan NTT DoCoMo asal Jepang, Vodafone dan France Telecom.

Meski tidak ada detail lain tentang spesifikasi perangkat yang akan dirilis nantinya namun kabar ini menjadikan perkembangan di ranah mobile semakin seru. Para pengamat mengaitkan perkembangan ini dengan strategi Samsung untuk mengurangi ketergantungan atas Android, ini berkaitan juga dengan Google yang telah mengakuisisi Motorola Mobility.

Tizen bukan satu-satunya sistem operasi yang layak ditunggu, ada Ubuntu untuk mobile,Sailfish (penerus MeeGo), belum lagi iOS yang semakin bertumbuh, Android yang semakin berkembang secara global, lalu ada Windows Phone yang mulai merangksek mengambil pangsa pasar, serta Firefox yang juga mempersiapkan kehadiran sistem operasi untuk perangkat mobile.

Ini baru awal tahun tetapi hangat dunia mobile sudah semakin terasa. 2013 akan menjadi tahun yang seru untuk perkembangan perangkat bergerak, khususnya smartphone.

Sumber: BloombergBusinessweek, TheNextWeb.