12 January 2017

by Bambang Winarso

Bisa Jadi Tablet, 100 Ribu Unit Smartphone Layar Lipat Samsung Siap Meluncur?

Rumor terbaru ini kemungkinan adalah perangkat yang berbeda dengan rumor Galaxy X1 dan X1 Plus

Baru-baru ini muncul kabar soal dua seri smartphone baru dari Samsung, yakni Galaxy X1 dan Galaxy X1 Plus yang disebut-sebut merupakan smartphone yang bisa dilipat layaknya sapu tangan. Dalam bocoran tersebut, kedua smartphone dikabarkan mempunyai bentang layar seperti halnya ponsel pintar pada umumnya. Namun kabar terbaru dari media lokal Korea Selatan mengatakan bahwa perangkat proyek inovatif ini mempunyai panel layar yang bila lipatannya dibuka akan membentang selebar 7 inci sehingga berubah fungsi menjadi tablet.

Jika merujuk pada rumor ini sepertinya kita harus mempertimbangkan kembali bahwa Galaxy X1 dan X1 Plus adalah model smartphone lipat yang banyak dibicarakan selama ini. terlebih dalam bocoran gambar lalu, tampak kedua perangkat tak mempunyai kecocokan dengan profil yang dimaksud. Kecuali, saat ini kita membicarakan dua model smartphone  lipat yang berbeda.

Menurut sumber terbaru, Samsung berencana memproduksi lebih dari 100.000 unit smartphone lipat di kuartal ketiga tahun ini. Dengan kata lain, saat ini Samsung sudah merampungkan fase pengembangan perangkat sebelum akhirnya dapat diproduksi secara massal. Disebutkan bahwa tantangan terbesar di perangkat ini adalah bagaimana menggodok teknologi fold-in yang memberikan kenyamanan ketika smartphone dilipat. Setelah teknologi ini selesai, sisanya Samsung hanya perlu melakukan penyesuaian desain yang relatif lebih mudah.

Misteri yang masih tertutup rapat saat ini adalah soal waktu peresmian. Sejumlah sumber menyebut bahwa Samsung masih belum memutuskan apakah akan meresmikan perangkat ini di tahun 2017. Sementara itu sejumlah pihak meyakini Samsung akan mulai meluncurkan seri awal di tahun ini, dan merilis seri yang lebih matang setahun kemudian.

Sumber berita SamMobile dan gambar header Digitaltrends.