Categories

Gadget

Samsung Luncurkan microSD Khusus untuk Kamera Pengawas dan Dash Cam

Diklaim memiliki 'stamina' yang cukup untuk menemani kamera merekam video tanpa henti

Glenn Kaonang - 4 May 2018

Saya masih ingat betul flash disk pertama yang pernah saya beli belasan tahun silam. Kapasitasnya cuma 256 MB (megabyte), dan saya hanya bisa geleng-geleng kepala melihat microSD mungil zaman now yang bisa mencapai kapasitas 256 GB (gigabyte). Selain bertambah besar kapasitasnya, microSD terkini juga semakin cepat kinerja baca-tulisnya.

Cepat dan berkapasitas lapang memang sudah cukup untuk smartphone, tapi tidak untuk perangkat yang bekerja tanpa henti macam kamera pengawas atau dash cam untuk mobil. Fungsi kedua perangkat ini adalah untuk merekam segala yang terjadi, dan itu berarti kartu microSD yang tersematkan di dalamnya juga harus menulis dan membaca data secara terus-menerus.

Samsung menilai dibutuhkan kartu memori khusus untuk pekerjaan berat semacam itu. Itulah cerita di balik lini microSD baru Samsung Pro Endurance. Tersedia dalam tiga varian kapasitas (32, 64 dan 128 GB), Pro Endurance juga menawarkan kecepatan baca hingga 100 MB/s dan tulis 30 MB/s, serta mendukung resolusi full-HD maupun 4K.

Namun seperti yang saya bilang, bukan itu gagasan utamanya. Samsung mengklaim microSD ini siap dipakai untuk merekam video tanpa henti sampai 43.800 jam (varian 128 GB). Samsung juga bilang bahwa 'stamina' kartu Pro Endurance ini 25 kali lebih tinggi ketimbang kartu memori buatan Samsung lainnya yang memprioritaskan kecepatan.

Tidak hanya itu, Pro Endurance juga telah mengemas sertifikasi ketahanan air IPX7, plus embel-embel lain seperti temperature proof, X-ray proof dan magnetic proof. Menutup semua itu, Samsung tidak segan memberikan garansi hingga lima tahun lamanya (varian 128 GB).

Ketiganya sudah bisa dibeli sekarang juga dengan banderol sebagai berikut: $25 varian 32 GB, $45 varian 64 GB dan $90 varian 128 GB.

Sumber: Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter