8 January 2019

by Bambang Winarso

Kian Serius Garap Sektor Gaming, Samsung Perkenalkan Seri Baru Notebook Oddysey yang Lebih Bertenaga

Samsung Notebook Odyssey mengemas prosesor Intel Core i7 hexacore Gen 8

Samsung sebenarnya tidak terlalu terkenal di kalangan gamers kendati dalam dua tahun terakhir pabrikan asal Korea Selatan itu melahirkan beberapa seri Odyssey yang merupakan seri laptop gaming dari mereka. Tetapi penawaran terbaru yang diluncurkan di CES 2019 yang juga dari seri Oddyssey disebut sebagai salah satu laptop gaming portable paling bertenaga, dirancang untuk orang yang serius berkarir sebagai gamer.

Samsung mencoba mengubah image dengan menekankan kinerja dan desain pada Notebook Odyssey. Kesan umum yang terlihat kental dari Samsung adalah bahwa mereka lebih fokus pada desain di seluruh perangkatnya. Hal itu benar-benar terlihat di Notebook 9.

Untuk mendongkrak performa gaming Notebook Odyssey keluaran 2019 ini, Samsung mengadopsi GPU Nvidia RTX 2080, grafis yang benar-benar baru diumumkan. Di sisi grafis, duduk prosesor Intel Core i7 hexacore Gen 8 dan RAM sebesar 16GB. Sayangnya Samsung belum buka-bukaan soal model prosesor yang akan diusung. Layarnya sendiri memiliki resolusi 1080p yang tampil di penampang layar seluas 15,6 inci dengan refresh rate 144Hz. Penyimpanan internalnya menggunakan SSD NVMe 256GB dan HDD 1TB, dengan opsi yang lebih luas apabila pengguna membutuhkan ruang simpan yang lebih lega. Ada juga port USB-C kali ini, selain tiga port USB-A dan jack HDMI.

Seperti yang sudah dikatakan, Samsung juga mencoba melakukan perubahan dari segi desain, di mana mereka meluncurkan desain baru berupa engsel berpusat yang mungkin belum banyak dijumpai di level gamer profesional. Samsung juga menanamkan blower Jet Blade yang didesain ulang dengan masing-masing 83 bilah, dan penggunaan sistem pendingin pipa penta baru yang akan membantu laptop tetap dingin saat digeber bermain game secara intensif.

Mengomentari pengumuman tersebut, YoungGyoo Choi, Senior Vice President of the PC Business Team, Mobile Communication Business, mengatakan, β€œLaptop gaming kelas atas terbaru dari Samsung memastikan pengguna tidak akan pernah lagi harus berkompromi untuk mengalami permainan terbaik dan paling intens.”

Samsung belum menyebutkan harga, tetapi diharapkan akan tersedia awal tahun ini di AS sebelum diperluas ke pasar lain.

Sumber berita Samsung.