Gadget

Samsung Luncurkan Laptop Gaming Perdananya, Notebook Odyssey

Menawarkan keseimbangan antara performa, estetika dan portabilitas

Lenovo rupanya bukan satu-satunya pabrikan yang mulai menunjukkan keseriusannya di ranah gaming pada ajang CES tahun ini. Tanpa ada yang menduga, Samsung baru-baru ini juga mengungkap laptop perdananya yang didedikasikan untuk para gamer.

Bernama Samsung Notebook Odyssey, laptop ini hadir dalam dua varian ukuran: 15,6 inci dan 17,3 inci, dengan desain yang banyak terinspirasi lini laptop buatan Samsung selama ini. Meski tidak sekeren Razer Blade Pro, Odyssey setidaknya masih tergolong ringkas jika mempertimbangkan spesifikasi yang diusungnya.

Samsung Notebook Odyssey mengusung spesifikasi kelas mainstream / Samsung

Spesifikasinya tersebut mencakup prosesor quad-core Intel Core i7 generasi ketujuh, GPU Nvidia GeForce GTX 1050 untuk varian 15,6 inci – varian 17,3 incinya belum disebutkan, tapi saya duga GTX 1060 – RAM DDR4 32 GB untuk varian 15,6 inci dan 64 GB untuk varian 17,3 inci, serta kombo SSD + HDD untuk kedua varian.

Keduanya menggunakan layar beresolusi 1920 x 1080 pixel. Sayang sekali belum 4K, tapi setidaknya daya tahan baterainya jadi lebih terjamin. Perihal konektivitas, varian 17,3 inci sedikit lebih unggul dengan kehadiran port Thunderbolt 3 dalam wujud USB-C.

Perbedaan kedua varian juga terpusat di keyboard-nya, dimana Odyssey 17,3 inci mengemas tuts yang sedikit lebih tebal, sedangkan Odyssey 15,6 inci akan mengompensasinya dengan tuts berpermukaan melengkung. Kedua varian juga punya tebal bodi dan bobot yang berbeda; Odyssey 17,3 inci setebal 37,7 mm dan berbobot 3,79 kg, sedangkan 15,6 inci setebal 28,2 mm dan berbobot 2,53 kg.

Varian 15,3 incinya juga hadir dalam balutan warna putih / Samsung

Yang unik dari Samsung Notebook Odyssey adalah sistem ventilasi sekaligus pendingin bertajuk HexaFlow Vent, yang diposisikan di bawah laptop. Tak cuma memastikan perangkat tidak kepanasan, komponen ini juga bisa dibuka tutupnya sehingga konsumen dapat meng-upgrade RAM dan media penyimpanan dengan mudah.

Samsung sejauh ini masih bungkam soal ketersediaan dan banderol harga dari Notebook Odyssey. Spesifikasinya memang bukan yang paling istimewa, tapi masih cukup oke untuk kalangan gamermainstream. Bagaimanapun juga, ini merupakan awal yang bagus bagi Samsung untuk terjun ke pasar yang selama ini dikuasai nama-nama seperti Alienware dan Asus ROG.

Sumber: Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter