Categories

Berita

Samsung Pay Siap Melenggang di Asia Tenggara

Jika hadir Indonesia, disiplin regulasi dan kerja sama dengan bank nasional harus dijalin untuk kelancaran

Randi Eka - 2 February 2016

Salah satu hal yang disampaikan President & CEO South East Asia & Oceania Samsung Electronics Jeon Yong Sung adalah pihaknya akan memboyong Samsung Pay ke wilayah Asia Tenggara di tahun ini. Belum ada konfirmasi resmi apakah akan masuk ke Indonesia atau tidak, namun besar kemungkinan akan masuk, karena potensi pasar di Indonesia begitu besar. Per kuartal ketiga tahun 2015, menurut data IDC, penjualan smartphone Samsung di Indonesia mencapai 84,5 juta unit.

Kendati Samsung sudah menyatakan siap dengan infrastruktur teknologi dan skema implementasi sistem pembayaran digital tersebut, tetap saja berbagai aturan dan regulasi tetap harus dipenuhi. Contohnya adalah kerja sama dengan pihak perbankan lokal, terlebih di Indonesia. IT & Mobile Marketing Director Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang optimis bahwa layanan tersebut bisa mendarat di Indonesia.

Sebelumnya, untuk sistem yang sama, Apple sudah mengeluarkan Apple Pay dan Google mengeluarkan Android Pay. Untuk menggunakan sistem payment seperti itu, pada umumnya pengguna diminta mendaftarkan kartu kredit yang ingin digunakan. Setelah itu smartphone bisa digunakan untuk melakukan transaksi di Point of Sales (PoS) yang mendukung pembayaran dengan kartu kredit tersebut.

Secara sederhana layanan payment tersebut mengkonversi dari yang biasanya menggesek menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), lalu diubah dengan teknologi NFC (Near Field Communication) dan MST (Magnetic Secure Transmission) yang sudah disesuaikan dengan mesin PoS, sehingga pengguna hanya perlu mendekatkan handset-nya di dekat mesin POS. Samsung Pay sendiri menggunakan antena khusus yang tertanam di dalam handset Samsung untuk melakukan transmisi data. Sistem enkripsi yang kuat juga turut diterapkan untuk menghalang penyadap.

Beberapa kartu yang menggunakan logo MasterCard, Visa, dan American Express sudah didukung oleh Samsung Pay. Beberapa handset terbaru seperti Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus sudah didukung fitur Samsung Pay.

Sebelumnya ada juga Moka yang menyajikan inovasi Mobile Point of Sales (mPoS) untuk smartphone secara umum, yang diperuntukkan untuk sistem pembayaran di sektor UKM. Pengalaman pengguna yang ditawarkan juga tak jauh berbeda. Ada juga Finpay dan Tcash yang menawarkan pengalaman pembayaran via smartphone dari Telkom.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter