4 September 2014

by Bambang Winarso

Samsung Perkenalkan Kembali Gear S di Gelaran IFA 2014

Setelah diumumkan secara resmi minggu lalu, smartwatch terbaru Samsung Gear S kembali diperkenalkan oleh Samsung di ajang IFA 2014, yang baru saja dibuka pada 3 September kemarin waktu setempat.

Perkenalan kedua oleh Samsung kali ini lebih mendekatkan kita kepada seperti apa sih rupa asli Samsung Gear S. Tak seperti smartwatch pada umumnya, Samsung Gear S memiliki desain dan fitur yang istimewa.

Ini adalah perangkat jam tangan pintar pertama yang membawa layar AMOLED 2 inci dengan bentuk melengkung. Dan yang paling inovatif, Samsung Gear S menawarkan fitur koneksi 3G sehingga memungkinkan perangkat untuk bekerja secara mandiri tanpa dukungan smartphone.

Sekarang kita coba selami lebih ke dalam perangkat jam tangan pintar ini. Kendati berukuran mungkil ternyata terdapat sederet sensor canggih yang ditanamkan, seperti sensor GPS, accelerometer, gyroscope, UV detector, barometer dan juga monitor detak jantung.

Tak jauh dari sana tertanam pula memori internal 4GB bersama dengan RAM 51MB yang menjadi penopang kinerja prosesor dual core yang digunakan oleh Samsung Gear S.

Berbeda dengan smartwatch terbaru besutan vendor lain yang menggunakan Android Wear, Samsung lebih mempercayakan urusan sistem operasi ke buatan sendiri yakni Tizen yang sudah lebih dahulu diadopsi oleh Gear 2 dan Gear 2 Neo.

 

 

Info Menarik: BlackBerry Passport Akan Disambut di 3 Tempat Pada Tanggal 24 September?

 

 

Smartwatch terbaru Samsung ini disebut sangat istimewa, karena menjadi smartwatch pertama yang dapat beroperasi sendiri tanpa dukungan smartphone. Dukungan jarigan 3G dan seluler memungkinkan pengguna Samsung Gear S untuk menerima dan mengirimkan pesan atau panggilan.

Masih tanpa dukungan smartphone, Samsung Gear S dapat digunakan untuk mengirim email, mendapatkan informasi rute perjalanan serta memonitor kesehatan berkat ketersediaan aplikasi kesehatan seperti S Health dan Nike+ Running.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengetik pesan atau email, Samsung telah menunjuk Fleksy sebagai keyboard bawaan sehingga setiap pembeli Gear S nantinya akan memperoleh aplikasi ini secara gratis.

Kepiawaian Samsung dalam membangun perangkat canggih tampaknya tertuang dalam wujud dan fitur Samsung Gear S. Tak hanya Gear S, di ajang yang sama Samsung juga memperkenalkan dua jagoan lainnya yakni Samsung Galaxy Note dan Galaxy Edge.

Tetapi perjalan Gear 2 masih jauh dari kata sukses kendati smartwatch ini terlihat lebih menjanjikan, sebab di ajang yang sama Asus juga merilis perangkat di kategori serupa yaitu Asus ZenWatch yang tak kalah menggoda.

Sumber berita Geeky-gadgets.