28 November 2019

by Glenn Kaonang

Samsung Luncurkan Versi Beta PlayGalaxy Link, Layanan Streaming Game ala Steam Link

Stream game dari PC atau laptop ke sejumlah smartphone Samsung yang kompatibel

Layanan cloud gaming macam Google Stadia tentunya terdengar sangat menarik bagi mereka yang tidak memiliki gaming PC yang kapabel. Namun buat yang sudah mempunyai gaming PC atau laptop sendiri, alternatif seperti Steam Link merupakan solusi gratis untuk bisa menikmati berbagai game PC melalui smartphone atau tablet.

Untuk para pengguna smartphone Samsung, mereka malah punya alternatif lain lagi bernama PlayGalaxy Link, yang saat ini tahap pengujian beta-nya telah dibuka untuk publik. Sejauh ini, ponsel yang kompatibel mencakup seri Galaxy S10 dan Galaxy Note 10.

Berbasiskan teknologi rancangan Parsec, PlayGalaxy Link sebenarnya menawarkan konsep yang hampir sama seperti Steam Link. Install client-nya di PC atau laptop, install aplikasinya di ponsel melalui Galaxy Store, lalu setelahnya game di PC dapat di-stream dan dimainkan di ponsel Anda.

Seperti halnya layanan streaming lain, koneksi internet merupakan komponen paling esensial di sini. Skenario yang paling ideal adalah ketika PC tersambung ke internet via kabel, dan ponselnya via Wi-Fi. Namun seandainya koneksi seluler Anda cukup cepat dan stabil (serta kuota data Anda berlebih), PlayGalaxy Link juga siap dinikmati meski Anda sedang berada di luar rumah.

Lebih ideal lagi adalah ketika pengguna turut menyambungkan controller via Bluetooth, entah controller PS4 atau Xbox, atau controller pihak ketiga lainnya. Alternatifnya, ada snap-on controllerGlap yang memiliki rancangan sangat optimal untuk sejumlah ponsel dari seri Samsung Galaxy.

Awal Desember nanti, deretan smartphone yang kompatibel akan bertambah dan mencakup seri Galaxy S9, Galaxy Note 9, Galaxy A90, serta Galaxy Fold. Sayangnya, tahap beta testing ini belum meliputi semua negara. Selagi menunggu, konsumen Samsung di tanah air mungkin bisa memanfaatkan Steam Link lebih dulu.

Sumber: SlashGear dan Samsung.