Categories

Gadget

Samsung Mulai Produksi Massal RAM 16 GB untuk Smartphone

Galaxy S20 Ultra adalah ponsel pertama yang mengusungnya

Glenn Kaonang - 27 February 2020

RAM sebesar 12 GB di smartphone merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Buat saya pribadi, hal itu terdengar semakin fantastis setelah melihat gaming PC tua saya yang hanya mengemas RAM 8 GB.

Ini juga menjelaskan mengapa saya begitu terkejut mendengar kabar bahwa Samsung sudah mulai memproduksi RAM 16 GB untuk smartphone secara massal. Ya, dua kali lipat kapasitas RAM milik komputer yang masih saya pakai tiap malam untuk memainkan The Witcher 3 hingga sekarang, dan itu sudah bisa kita miliki dengan membeli varian termahal Galaxy S20 Ultra.

Jadi jangan kaget apabila ke depannya bakal ada lebih banyak lagi smartphone yang mengemas RAM 16 GB. Samsung bilang bahwa demand atas kapasitas RAM sebesar ini eksis demi menyeimbangi perkembangan pesat teknologi 5G dan AI, tidak ketinggalan pula peningkatan kualitas grafis di sektor gaming, fotografi dan videografi.

Samsung 16 GB LPDDR5 RAM

16 GB mungkin terdengar overkill untuk sekarang, tapi kita tidak tahu bagaimana ceritanya satu atau dua tahun ke depan. Seperti yang kita tahu, S20 Ultra dan sejumlah smartphone lainnya juga sudah mulai memperkenalkan perekaman video dalam resolusi 8K, dan tugas itu sangatlah menuntut kinerja RAM milik perangkat.

Juga perlu dicatat adalah, modul RAM 16 GB yang Samsung produksi ini berjenis LPDDR5. Dibandingkan generasi sebelumnya, LPDDR4X, LPDDR5 menjanjikan kecepatan transfer data 1,3 kali lebih tinggi di angka 5.500 Mbps. Meski lebih gegas sekaligus berkapasitas lebih besar, konsumsi dayanya malah 20 persen lebih irit ketimbang LPDDR4X.

Mungkin sudah waktunya juga saya meng-upgrade PC saya dengan RAM yang lebih besar sekaligus lebih baru.

Sumber: Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter