Categories

Business

Samsung Resmi Caplok LoopPay, Disiapkan untuk Jadi Penangkal Apple Pay?

Bambang Winarso - 20 February 2015

Kendati kabar miring soal dominasi Samsung yang mulai runtuh berkembang di media namun geliat bisnis raksasa asal Korea Selatan itu terbukti masih tangguh. Ditunjukkan dengan adanya konfirmasi pembelian LoopPay oleh sang vendor baru-baru ini.

Tak disebutkan berapa mahar yang harus digelontorkan oleh Samsung untuk memboyong LoopPay ke dalam keluarga besar mereka. Namun kabar soal pembelian LoopPay oleh Samsung sebenarnya sudah bergulir sejak tahun lalu. Mengindikasikan adanya niatan sang pembesut Galaxy Note untuk merambah bisnis pembayaran mobile sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Apple melalui Apple Pay.

Indikasi tersebut muncul bukan tanpa sebab. LoopPay memang merupakan perusahaan yang bergerak di sektor pembayaran dengan merchant yang jumlahnya saat ini sudah mencapai 10 juta lokasi. Samsung diyakini ingin memanfaatkan teknologi dan kekuatan yang dimiliki oleh LoopPay sebagai amunisi untuk terjun ke kancah persaingan pembayaran mobile.

Info Menarik:Smartwatch Pebble Kini Kompatibel dengan Aplikasi Android Wear

LoopPay menggunakan metode terminal pembaca strip magnetic yang kemudian mengubahnya tersebut menjadi penerima. Teknologi ini dapat ditanamkan ke dalam perangkat smartphone sehingga kala pengguna ingin melakukan pembayaran cukup dengan mendekatkan smartphone ke terminal yang tersedia. Teknologi yang diadopsi oleh LoopPay ini telah didukung oleh 90% counter pembayaran.

Lain halnya dengan teknologi yang digunakan oleh Apple Pay atau layanan pembayaran lain yang lebih mengandalkan koneksi NFC. Apple Pay juga mengharuskan pengecer untuk memasang semacam sistem koneksi pendukung NFC.

Sayangnya sebagian dari mereka enggan untuk direpotkan, seperti Wal-Mart Stores dan CVS Health Corp yang dilaporkan kembali menggunakan sistem mereka sendiri.

Info Menarik:Pre-Order Asus ZenFone 2 Sudah Dibuka, Banderol Mulai $299

Keunggulan LoopPay atas Apple Pay juga tampak dari jumlah counter pembayaran yang mendukung sistem mereka. LoopPay diklaim sudah mendukung 10 juta counter, sementara Apple Pay baru 220.000.

Keputusan Samsung untuk membeli LoopPay sejauh ini tampak sudah sangat tepat dan menjanjikan. Salah seorang petinggi Samsung, Injong Rhee memastikan bahwa perangkat Samsung Galaxy mereka berikutnya – sangat mungkin yang dimaksud adalah Galaxy S6 - akan mendukung sistem ini. Namun banyak orang masih mempunyai pertanyaan terkait strategi Samsung untuk membedakan layanan mereka dengan apa yang ditawarkan oleh Apple Pay.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header Iknowtoday.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter