Categories

Gadget

Samsung Resmi Menjual Galaxy Tab A 10.5 di Indonesia

Tablet yang dipasarkan khusus untuk keluarga

Dimas Galih W. - 10 September 2018

Bisa dibilang, perangkat Android yang terbanyak yang beredar di Indonesia yang adalah smartphone. Hal tersebut dikarenakan smartphone terkesan lebih "pribadi" dibandingkan dengan perangkat lainnya seperti TV atau tablet. Hal tersebut juga terlihat dari lesunya pasar tablet di Indonesia, di mana para pemainnya mundur satu per satu.

Akan tetapi, berbeda dengan Samsung, mereka masih menganggap bahwa pasar tablet masih diminati. Hal tersebut dibuktikan dengan diadakannya peluncuran tablet terbaru dari Samsung dengan nama Galaxy Tab A 10.5 yang bertempat di OnThree Senopati Suites Jakarta pada tanggal 7 September 2018 lalu.

Samsung secara khusus menjual tablet yang satu ini menyasar kepada mereka yang sudah berkeluarga. Menurut Samsung, Galaxy Tab A sangat cocok dipakai untuk membantu belajar, seperti untuk anak-anak mau pun sang ibu yang sedang ingin memasak.

Samsung Galaxy Tab A 10.5 memiliki spesifikasi sebagai berikut:

SoCQualcomm Snapdragon 450
CPU8x Cortex A53 1.8 GHz
GPUAdreno 506
RAM / Internal Storage3 GB / 32 GB
Layar10.5″ 1920 x 1200 IPS rasio 16:10
Baterai7300 mAh
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1
KameraDepan: 5 MP , Belakang: 8 MP

Samsung juga sudah menyematkan fungsi Dolby Atmos pada tablet terbarunya ini. Oleh karenanya Samsung juga mengatakan bahwa tablet ini cocok untuk dipakai menonton video dan mendengarkan musik.

Untuk harganya, Samsung menjual Galaxy Tab A 2018 ini dengan harga Rp. 4.999.000 saja. Tablet ini juga sudah tersedia di gerai-gerai Samsung di seluruh Indonesia serta pada online partner Samsung.

Hanya Versi WiFi

Saat ditanyakan secara terpisah mengenai varian apa saja yang akan dibawa, Selvia Gofar selaku IT & Mobile Senior Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia mengatakan bahwa mereka hanya memasukkan versi WiFi saja. Padahal, tablet dengan konektivitas 4G memudahkan penggunanya tersambung ke internet kapan pun.

Namun Samsung punya alasan tersendiri, Selvia mengatakan bahwa saat ini WiFi sudah sangat mudah ditemukan, terutama di luar rumah. Infrastruktur di Indonesia pun juga sudah mendukung dan memudahkan ditemukan koneksi internet melalui WiFi, seperti di mall mau pun di convenient store.

Pasar Tablet Lesu namun Tetap Berjualan

Tidak lupa kami juga menanyakan perihal lesunya pasar tablet di Indonesia. Banyak pemain tablet yang saat ini seperti sudah melupakan perangkat Android berlayar besar tersebut. Akan tetapi, berbeda dengan Samsung.

Selvia melihat bahwa mereka yang tergolong millenials saat ini sudah menjadi orang tua. Mereka membutuhkan sebuah alat untuk mendidik anak mereka dan juga saat memiliki momen berkualitas dengan keluarga. Oleh karena kebutuhan digital sudah tidak bisa dihindarkan, sebuah smartphone pun tidak cocok karena berlayar kecil dan lebih personal.

Oleh karena itu, Samsung masih optimis dalam memasarkan tablet ke pasar tersebut. Dan atas keyakinan tersebut, Samsung pun meluncurkan Galaxy Tab A 2018.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter