Salah satu fitur baru yang banyak dibicarakan menjelang kedatangan Samsung Galaxy S8 adalah fitur asisten virtual bernama Bixby yang konon kabarnya lebih pintar dari teknologi serupa. Dan kemarin waktu setempat, Samsung memutuskan untuk lebih dulu memperkenalkan teknologi barunya itu sebelum debut perdana Galaxy S8.

Dalam rilis pers resminya, Samsung menerangkan secara jelas apa itu Bixby dan membandingkan cara kerjanya dengan asisten virtual yang sudah lebih dulu ada, seperti Google Assistant dan Siri. Menurut Samsung, perbedaan Bixby terletak di tiga hal. Yang pertama, completeness. Bixby diklaim mampu mengambil alih kendali atas aplikasi sehingga memungkinkan Bixby melakukan tugas yang lebih rumit, tidak seperti asisten virtual lain yang terbatas pada tugas-tugas ringan.

Kedua, Bixby disebut mempunyai pemahaman konteks yang memungkinkan pengguna mengaktifkan Bixbi di dalam aplikasi tertentu dan memahami konteks perintah. Sayang, Samsung tak menjelaskan secara rinci bagaimana kemampuan ini bekerja. Dari apa yang saya tangkap, fungsi ini sepertinya merupakan pengembangan dari Google Now on Tap.

Terakhir, Bixby diklaim mampu memahami perintah pengguna dengan lebih baik yang disebut dengan toleransi kognitif, yaitu menangkap perintah yang kurang lengkap dan mengeksekusi tugas berdasarkan informasi yang tersedia. Pada dasarnya, kemampuan ini membuat Bixby meniru interaksi bahasa alami dan hanya meminta informasi tambahan yang dianggap penting.

Samsung juga mengatakan bahwa Bixby mampu berganti dari modus suara dan teks, menindak-lanjuti permintaan pengguna tanpa harus memulai dari awal. Untuk permulaan, Bixby hanya akan bekerja di aplikasi pihak pertama Samsung. Tapi ke depan Samsung sudah berencana meluncurkan SDK yang memungkinkan pengembang melakukan integrasi.

Sedangkan untuk pengguna Galaxy S8, secara default akan memperoleh dukungan Bixby dengan cara menekan tombol di sisi ponsel. Dari sana pengguna bisa langsung memberikan perintah.

Sumber berita SamsungMobilePress dan gambar header Hect.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.