Categories

Gadget

Samsung Resmi Umumkan Smartphone Berbasis Tizen Pertamanya, Samsung Z

Iqbal Farabi - 2 June 2014

Pada akhir April lalu, kami sempat mengulas mengenai rilis perangkat ponsel pintar berbasis Tizen pertama dari Samsung yang saat itu disebut-sebut akan hadir di bulan berikutnya. Sedikit terlambat dari rumor tersebut, Samsung Z, perangkat ponsel pintar berbasis Tizen pertama akhirnya hari ini sudah resmi diumumkan oleh Samsung.

Melalui blog resmi miliknya, Samsung Tomorrow, Samsung juga mengumumkan bahwa Samsung Z akan ikut dipamerkan pada acara Tizen Developer Conference yang akan digelar besok (3 Juni 2014) di San Fransisco, Amerika Serikat. Secara teknis, Samsung Z akan memiliki spesifikasi yang setara dengan perangkat-perangkat ponsel pintar menengah berbasis Android. Samsung Z memiliki layar berukuran 4,8 inci beresolusi 1280x720 piksel, prosesor quad core berkecepatan 2,3 GHz, memori RAM 2 GB, kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB, kamera belakang 8 megapiksel, dan baterai berkapasitas 2600 mAh.

 

Secara fisik, Samsung Z seperti campuran berbagai versi perangkat Galaxy yang pernah dirilis Samsung. Bagian muka Samsung Z memiliki desain yang mirip dengan Galaxy S2, sedangkan bagian belakangnya mengambil gaya desain Galaxy S4 yang menggunakan bahan seperti kulit dengan motif jahitan di bagian pinggirnya. Samsung Z juga memiliki sensor sidik jari seperti halnya Galaxy S5.

Untuk perangkat lunak, Samsung Z akan menggunakan Tizen versi 2.2.1. Dalam rangka mengoptimalkan ekosistem Tizen, Samsung juga menghadirkan aplikasi S Health yang sebelumnya sudah dihadirkan di perangkat-perangkat wearable seperti Samsung Gear 2 dan Samsung Gear 2 Neo yang juga berbasis sistem operasi Tizen.

Belum ada informasi mengenai harga resmi Samsung Z. Informasi yang sudah diketahui hanyalah waktu rilis yang ditargetkan pada kuartal ketiga 2014 dengan Rusia sebagai pasar pertama bagi Samsung Z.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter