22 April 2019

by Bambang Winarso

Samsung Rilis Aplikasi yang Bisa Mengukur Dimensi Objek Hingga Kedalaman

Sayang, untuk berfungsi secara akurat aplikasi ini butuh sensor ToF yang hanya ada di Galaxy S10 5G

Samsung Galaxy S10 5G merupakan salah satu dari sedikit smartphone yang dibekali sensor time of flight, bahkan tidak semua seri Galaxy S10 memilikinya. Eksklusivitas Galaxy S10 5G kian terasa menyusul peluncuran aplikasi baru Quick Measure oleh Samsung yang saat ini sudah bisa dijumpai di Google Play Store.

Sesuai dengan namanya, Quick Measure mempunyai kemampuan untuk mengukur dimensi benda dalam bentuk bidang apapun. Misalnya, menghitung panjang sebuah tiang, pintu, jendela, dan lain sebagainya dalam satuan yang berbeda. Bahkan, Quick Measure juga mampu mengukur luas area, jarak dan juga kedalaman. Sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh Google Measure, aplikasi serupa yang juga memanfaatkan teknologi augmented reality.

Untuk menggunakannya, pemilik perangkat cukup mengarahkan kamera belakang ke objek yang hendak diukur. Aplikasi kemudian secara otomatis akan menampilkan hasil pemindaian sesuai dengan kriteria yang diinginkan, apakah ukuran panjang, lebar, ketinggian atau jarak. Cara kedua, pengguna dapat menandai dari titik ke titik tertentu untuk memperoleh hasil pengukuran berdasarkan unit yang sudah ditentukan sebelumnya, apakah dalam centimeter atau inci.

Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara sempurna, perangkat Anda harus memiliki yang tadi disebutkan di awal, sensor time of flight atau ToF. Dan perangkat Samsung yang sudah memiliknya sejak lahir barulah Samsung Galaxy S10 5G. Artinya, pengguna yang memiliki perangkat inilah yang bisa mengunduh dan menggunakan fitur-fitur di Quick Measure secara utuh.

Kemungkinan Samsung akan merangkul model Galaxy yang lain tentu terbuka lebar, tetapi dikarenakan sensor time of flight tidak tersedia, maka tingkat akurasi pengukuran tidak akan sama.

Sumber berita AndroidPolice.

Application Information Will Show Up Here