21 April 2016

by Bambang Winarso

Samsung Rilis Aplikasi untuk Cegah Kerusakan Mata Anak Akibat Penggunaan Gadget

Aplikasi dinamai Samsung Safety Screen, tersedia gratis di Google Play

Samsung baru saja meluncurkan sebuah aplikasi baru yang dirancang untuk mencegah kerusakan mata akibat menggunakan smartphone atau tablet dalam jangka waktu yang lama dan jarak yang tidak ideal. Dinamai Safety Screen, aplikasi memanfaatkan teknologi pengenalan wajah untuk mendeteksi jarak antara perangkat dan mata pengguna, memberikan batasan jarak ideal keduanya.

Ketika jarak keduanya terlalu dekat, aplikasi akan secara otomatis memberi pesan peringatan dan mematikan layar. Secara khusus aplikasi ini ditujukan untuk anak-anak yang memang cenderung betah berlama-lama di depan tablet tanpa mengindahkan kesehatan mata.

Dengan demikian, Safety Screen pastinya bakal berjalan di belakang layar secara terus menerus guna memantau pola penggunaan perangkat oleh anak. Ia dirancang berjalan bersamaan ketika pengguna menonton film, bermain game, dan lain sebagainya.

Peringatan Safety screen ketika jarak mata terlalu dekat dengan layar/Google

Ketika pesan peringatan muncul, ia akan tetap tampil di layar sampai pengguna mengubah posisi dengan menjauhkan wajah dari layar. Begitu pengguna melakukan saran yang diberikan, popup akan hilang dengan sendirinya.

Para orang tua dapat membuat nama pengguna dan sandi untuk mencegah anak menon-aktifkan aplikasi.

Peluncuran aplikasi ini merupakan salah satu wujud kepedulian Samsung terhadap fenomena pengguna perangkat di kalangan anak-anak dan remaja. Menurut penelitian yang mereka lakukan, kebisaan memandangi layar terlalu dekat dapat berdampak pada beberapa masalah kesehatan, seperti sakit kepala, pandangan yang kabur, mata kering, kelelahan hinggga ketegangan otak.

Hindarkan anak Anda dari potensi ancaman kesehatan di atas dengan mengunduh Samsung Safety Screen sekarang dari Google Play Store.

Sumber berita PhoneArena.