23 April 2019

by Wiku Baskoro

Samsung Siap Rilis QLED 8K TV di Indonesia, Hadirkan Fitur Gaming Mode yang Diperbaharui

Dua pembaruan untuk QLED TV versi 2019 adalah fitur Dynamic Black Equalizer baru dan dukungan Variable Refresh Rate

Samsung akhir bulan Maret lalu mengadakan Samsung Forum 2019 di Singapura. Di acara ini Samsung memperlihatkan perangkat TV mereka yaitu QLED 8K ukuran 98 inci, dan jajaran seri tahun 2019 untuk QLED 8K ukuran 82, 75 dan 65 inci, serta jajaran produk TV 4K seri 2019. Salah satu fitur yang coba mereka tonjolkan di TV ini adalah Gaming Mode.

Untuk pasar Indonesia, Samsung telah membuka pemesanan untuk TV 8K, dan bersiap untuk memperkenalkan secara resmi kehadiran di Indonesia pada tanggal 25 April besok. Tim Hybrid ikut serta pada acara di Singapura dan mari kita bahas singkat fitur gaming seperti apa yang ada di TV ini, sambil menunggu waktu rilis resmi Kamis besok.

 

Gaming Mode di QLED terbaru sejatinya adalah fitur yang memungkinkan TV mendeteksi secara langsung ketika pengguna mencolokkan konsol ke TV mereka. Pengaturan akan secara otomatis berubah untuk membawa pengalaman gaming. Pengaturan akan berbeda dengan ketika TV digunakan untuk menonton televisi secara biasa. Pengaturan ini telah hadir di monitor QLED tahun 2018 namun mengalami peningkatan di versi yang 2019.

Mari kita bicarakan fitur-fitur untuk gaming di TV premium dari Samsung ini. Gaming Mode pada dasarnya memungkinkan TV secara otomatis mendeteksi secara langsung ketika konsol gaming terkoneksi dengan TV QLED. Beberapa jajaran konsol yang bisa terdeteksi antara lain PS4, PS4 Pro, Xbox One, Xbox One S, Xbox One X, Nintendo Switch.

Selain secara otomatis bisa mendeteksi ketika perangkat gaming dicolokkan ke TV, memudahkan untuk proses menikmati berbagai fitur yang terkait pengalaman gaming, fitur lain dari TV Qled ini adalah Low Input Lag, FreeSync and VRR, serta high frame rate.

Untuk Low Input Lag, TV QLED dari Samsung telah meningkatkan angka lag dari 15.4 ms menjadi 13.5 ms. Memang masih cukup besar jika dibandingkan dengan monitor gaming, tetapi di sini kita berbicara tentang Smart TV dengan ukuran yang lebih besar dari monitor gaming dan kualitas yang bisa sampai 8K. Sedangkan untuk FreeSync dan Variable Refresh Rate (VRR), QLED TV dari Samsung ini telah mengintegrasikan FreeSync secara langsung di TV. VRR mendukung dengan spesifikasi HDMI 2.1 Pengguna PC yang menggunakan AMD graphics yang mendukung FreeSync bisa menikmati fitur ini, Xbox One X juga telah mendukung FreeSync VRR.

QLED 2019 juga telah memberikan fitur Dynamic Black Equalizer, yang secara sederhana bisa memberikan cahaya yang lebih terang untuk game dengan scene gelap untuk menampilkan visual yang lebih real sesuai dengan di game. Tanpa merusak pengalaman bermain game, artinya bukan hanya brightness-nya yang jadi lebih terang.

Fitur lain yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game dengan QLED TV antara lain peningkatan di sisi suara. QLED TV 2019 dari Samsung menyertakan algoritma AI yang bisa menganalisis secara otomatis karakter suara untuk memberikan efek suara 3D meskipun tanpa perangkat sound tambahan, dan akan maksimal jika dikombinasikan dengan sound tambahan.

Dua fitur terakhir yang bisa dinikmati antara lain High Frame Rate, QLED TV tahun 2019 selain memungkinkan memainkan game 2K (1920x1080) dan 2.5K (2560x1080) di 120fps juga untuk konten 4K di 120fps (khusus untuk seri Q90 dan Q900). Sedangkan fitur terakhir adalah dukungan untuk konten gaming HDR akan tampil di format HDR10.

Sedangkan untuk TV-nya sendiri, QLED TV Samsung tahun 2019 ini menghadirkan setidaknya dua grup utama yaitu jajaran 4K terbaru dan 8k dengan ukuran baru yaitu 98 inci. Beberapa keunggulan utama dari TV ini adalah Quantum Processor yang disempurnakan baik Quantum Processor untuk 8K maupun 4K. Untuk yang QLED TV 8K, konsumen bisa menikmati upscalling konten yang setara kualitas 8K, artinya jika input konten di bawah 8K, maka processor bisa melakukan optimasi untuk memberikan pengalaman setara 8K.

TV 8K (Q900R) yang akan dirilis di Indonesia antara lain: QLED 8K 98 inci lalu ukuran 65 inci, 75 inci, dan 82 inci. Untuk seri 8K akan hadir bulan April kecuali ukuran 98 inci yang akan hadir di bulan Mei 2019.

Untuk QLED 4K terbaru alias 2019 adalah Q60/Q65 dengan ukuran 43 inci, 49 inci, 55 inci, 65 inci, 75 inci, dan 82 inci. Q70 dengan ukuran 49 inci, 55 inci, 65 inci dan 75 inci. Lalu Q80 dengan layar 55 inci dan 65 inci, serta terakhir Q90 dengan ukuran 65 dan 82 inci.

Sedangkan untuk harganya sendiri seri QLED TV 8K antara lain: 65 inci – 80.499.000 rupiah, 75 inci – 119 999.000 rupiah, 82 inci – 166 999.000 rupiah dan 98 inci 1.499.999.000 rupiah alias 1.5 M.


Menjadi menarik untuk membicarakan TV dan gaming karena beberapa hal. Penggunaan konsol bagi banyak konsumen ditempatkan di ruang keluarga atau ruang publik, yang biasanya membutuhkan layar yang cukup besar alias TV. Karena layarnya yang besar maka dukungan game mode menjadi penting untuk memastikan pengalamannya tetap baik. Yang kedua dukungan konsol terbaru yang baru rilis serta beberapa dukungan teknis seperti low input lag dan enhancement untuk tampilan visual untuk game yang memang memerlukan (misalnya game yang banyak adegan suasana gelap).

Acara Samsung Forum beberapa waktu lalu memang lebih membicarakan teknis dengan demo produk, tidak hands-on secara langsung. Tentunya akan lebih menyenangkan jika bisa bermain gaming secara langsung dan melihat enhancement apa yang diberikan TV ini.

Meski demikian, setidaknya saya bisa mendapatkan gambaran kemana arah pengembangan teknologinya serta premis yang ingin ditawarkan Samsung untuk menyediakan perangkat pendukung untuk gaming di ruang keluarga.