Categories

Gadget

Samsung Mulai Produksi Massal SSD Generasi Baru, Harganya Bakal Turun

Komposisinya lebih padat dari generasi sebelumnya, tapi performanya masih sama

Glenn Kaonang - 8 August 2018

Dibandingkan lima tahun lalu, harga SSD sekarang jauh lebih rasional. Meski demikian, $1.000 untuk SSD berkapasitas 4 TB tetap terasa sangat mahal jika dibandingkan dengan HDD tradisional yang harganya berkisar di angka $100 untuk kapasitas yang sama persis.

Untungnya produsen-produsen SSD seperti Samsung terus melancarkan sejumlah inovasi guna menekan ongkos produksi sekaligus harga jual SSD di pasaran. Pencapaian terbarunya adalah, Samsung telah mulai memproduksi SSD berdesain 4-bit (atau QLC, quad-level cell nama lainnya) berkapasitas 4 TB secara massal, dan ini untuk konsumen umum, bukan enterprise.

Dibandingkan generasi sebelumnya, 3-bit alias TLC, SSD QLC punya komposisi flash storage yang lebih padat, yang secara langsung berimbas pada ongkos produksi yang lebih murah, sekaligus potensi kapasitas yang lebih besar lagi. Semua ini tanpa mengorbankan atribut terpenting dari sebuah SSD, yakni performa.

Meski lebih padat, Samsung mengklaim bahwa kinerja SSD QLC sama seperti TLC, dengan kecepatan baca 540 MB/s dan tulis 520 MB/s. Samsung patut berbangga sebab secara teori SSD yang komposisinya lebih padat sebenarnya pasti mengalami penurunan performa. Namun ternyata Samsung sudah bisa mengakalinya, dan ini tetap dibarengi oleh reliability yang baik – terbukti dari garansi selama tiga tahun yang Samsung berikan.

Samsung berencana membawa SSD QLC ini ke pasaran tahun ini juga. Nantinya bakal ada tiga varian kapasitas yang ditawarkan: 1 TB, 2 TB dan 4 TB. Sayang sekali informasi terpentingnya belum bisa kita dapatkan sekarang, yaitu seberapa murah harga SSD QLC ini kalau dibandingkan generasi sebelumnya yang berkapasitas sama.

Sumber: Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter