Categories

Gadget

Samsung T5 Adalah Portable SSD Tercepat yang Bisa Dibeli Saat Ini

Hadir dalam empat varian kapasitas, kecepatan transfer datanya sanggup mencapai angka 540 MB/s

Glenn Kaonang - 16 August 2017

Samsung baru saja memperkenalkan portable SSD (solid state drive) terbarunya. SSD yang dijuluki T5 ini menarik bukan semata karena buatan Samsung –yang notabene merupakan salah satu produsen SSD terbesar dan terbaik saat ini – tapi juga karena teknologi terbaru yang dikemasnya.

Teknologi yang saya maksud adalah V-NAND, yang pada prinsipnya merupakan arsitektur baru yang memungkinkan sebuah SSD untuk memiliki kapasitas lebih besar selagi menawarkan peningkatan dalam hal performa dan durabilitas. Dipadukan dengan konektivitas USB 3.1 Gen 2, kecepatan transfer data maksimumnya sanggup mencapai angka 540 MB/s.

Angka ini hampir lima kali lebih cepat ketimbang yang ditawarkan hard disk eksternal standar, akan tetapi semuanya juga bergantung pada spesifikasi perangkat yang tersambung. Terlepas dari itu, T5 merupakan portable SSD tercepat yang bisa dibeli di pasaran saat ini.

Samsung T5

Semua itu ditawarkan dalam kemasan berukuran 74 x 57 x 10,5 mm – tidak lebih besar dibanding kartu nama – dengan bobot hanya 51 gram. Perpaduan sasis unibody berbahan aluminium dan karakteristik mendasar SSD yang tidak memiliki komponen bergerak memungkinkan T5 untuk tetap bisa beroperasi meski terjatuh dari ketinggian 2 meter.

Fitur menarik lainnya meliputi dukungan enkripsi hardware 256-bit, serta sepasang kabel dalam paket penjualannya: satu kabel USB-C biasa, dan satu lagi kabel USB-C ke USB-A, sehingga pengguna bisa menyambungkannya ke hampir semua perangkat, entah itu PC maupun smartphone.

Kekurangan Samsung T5 mungkin cuma satu, yakni harganya yang tergolong tinggi jika dibandingkan HDD eksternal – meski kecepatannya juga sama sekali tidak sebanding. Samsung T5 hadir dalam empat varian kapasitas: 250 GB ($130), 500 GB ($200), 1 TB ($400) dan 2 TB ($800).

Sumber: Engadget dan Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter