Categories

Gadget

Samsung Tak Sengaja Membocorkan Eksistensi dari Smartwatch Barunya

Produk kemungkinan akan diberi nama Galaxy Watch.

Yoga Wisesa - 24 July 2018

Sebagai lineup perangkat wearable andalan Samsung, perjalanan Gear dimulai di tahun 2013 melalui pengenalan smartwatch Galaxy Gear. Kini anggota Gear bertambah ramai, meliputi earbud, smart neck band, kamera 360 derajat hingga headset VR. Namun dari kabar yang beredar belakangan, produk smartwatch flagship mereka mungkin tak lagi mengusung sub-branding Gear.

Berdasarkan laporan dari SamMobile, penerus sejati Gear S3 bukanlah Gear S4. Samsung memberinya nama yang lebih sederhana dan menghilangkan angka: Galaxy Watch. Dengan begini, smartwatch tersebut menjadi bagian dari keluarga 'perangkat mobile' punya raksasa elektronik asal Korea Selatan itu. Buat sekarang, belum diketahui spesifikasi maupun harga dari Galaxy Watch, tapi kabarnya, smartwatch akan dibekali OS Tizen versi 4.0 serta memperoleh dukungan Bixby.

Dan ada sebuah informasi baru lagi yang memperkuat dugaan bahwa memang benar produk itu memiliki nama Galaxy Watch. CNET sempat melihat smartwatch ini muncul di situs resmi Samsung, kemungkinan secara tidak disengaja karena tak dibarengi oleh data-data seperti ukuran layar ataupun daya tahan baterai. Samsung sudah menghapusnya, tetapi CNET berhasil mengabadikan wujud produk tersebut via screenshot.

Ada detail menarik yang bisa kita ekstrak dari screenshot tersebut. Pertama adalah nomor modelnya: SM-R810NZDAXAR. Huruf dan angka di sana sedikit berbeda dari info pengajuan paten FCC yang sempat dilakukan Samsung, namun bagian 'R800' di sana cocok dengan nama lineup produknya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa SM-R810NZDAXAR ialah salah satu dari varian Galaxy Watch.

Model Galaxy Watch tersebut memiliki penampilan mewah, mempunyai diameter 42-milimeter dengan tubuh berwarna rose gold. Saya menduga Samsung telah menyiapkan varian warna lain, dan mungkin pilihan diameter yang lebih kecil. Prediksi lainnya, bisa jadi Samsung kembali membagi modelnya jadi dua, seperti yang diterapkan pada Gear S2 dan Gear S3, misalnya tipe Classic dan Frontier.

Dan melihat kebiasaan Samsung dalam meracik perangkat wearable high-end, ada peluang Galaxy Watch turut memperoleh sertifikasi anti-air dan debu IP68, serta memanfaatkan layar Super AMOLED.

Samsung sudah mulai membagikan undangan event Unpacked yang rencananya dilangsungkan pada tanggal 9 Agustus 2018, beberapa minggu sebelum IFA Berlin 2018 dimulai. Galaxy Note 9 diprediksi akan jadi produk primadona di sana, tapi siapa tahu, pengungkapannya turut diiringgi oleh Galaxy Watch - apalagi kedua perangkat kini merupakan bagian dari keluarga yang sama...

Via The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter