12 July 2016

by Glenn Kaonang

Samsung UFS Adalah microSD Tercepat Saat Ini

Ditawarkan dalam pilihan kapasitas 32, 64, 128 dan 256 GB

Di era dimana kamera smartphone semakin hari semakin tinggi resolusinya, pengguna tentunya memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Akan tetapi besar saja tidak cukup; guna mendapatkan pengalaman yang memuaskan, pengguna juga menuntut kartu microSD yang punya kecepatan membaca dan menulis yang tinggi.

Untuk itulah Samsung merancang microSD jenis baru yang disesuaikan dengan standar UFS (Universal Flash Storage). Media penyimpanan eksternal ini sengaja didesain untuk menyokong aktivitas pengguna yang kerap melibatkan game maupun video beresolusi tinggi.

Dibandingkan dengan microSD tipe UHS-1 yang punya kecepatan membaca 100 MB/s dan menulis 90 MB/s, Samsung UFS jauh lebih gesit di angka 530 MB/s dan 170 MB/s. Samsung sendiri mengklaim kecepatan ini setara dengan SSD milik PC, sanggup membaca file video 1080p berukuran 5 GB dalam waktu 10 detik saja.

Berbekal kecepatan membaca dan menulis yang ditawarkan, Samsung UFS diyakini mampu memangkas waktu loadingfile multimedia ataupun thumbnail foto secara signifikan. Hal ini tentu saja sangat berguna mengingat ukuran file-file tersebut kian hari kian membengkak.

Di saat yang sama, kinerja burst shooting pada kamera juga akan meningkat pesat; Samsung UFS hanya butuh waktu kurang dari tujuh detik untuk menyimpan 24 foto JPEG dengan resolusi masing-masing 1,1 MB yang ditangkap menggunakan DSLR. Sebagai perbandingan, microSD UHS-1 butuh sekitar 32 detik untuk menyelesaikan tugas tersebut, hampir lima kali lebih lama.

Saking cepatnya Samsung UFS, sejauh ini belum ada gadget yang bisa mengakomodasinya. Kemungkinan besar Samsung tengah menggodok perangkat baru yang siap menampung microSD jenis UFS ini – mungkin versi baru Galaxy Note? Samsung sendiri belum mengumumkan banderol harga dari microSD UFS besutannya, namun bisa dipastikan ada empat varian kapasitas yang ditawarkan: 32 GB, 64 GB, 128 GB dan 256 GB.

Sumber: Samsung dan Mashable.