Categories

Gadget

Samsung Umumkan Dua Kartu Memori Super Cepat, PRO Plus dan EVO Plus

Bambang Winarso - 6 May 2015

Samsung baru saja mengumumkan pendatang baru yang memperkaya portofolio kartu memori mereka melalui dua generasi terbaru dari lineup PRO Plus dan EVO Plus. Keduanya direncanakan rilis pada bulan ini di markas sendiri, Amerika Serikat, Eropa, Tiongkok dan beberapa negara lainnya.

Sekarang coba yuk kita lihat apa kelebihan dan keunggulan keduanya.

Kartu memori PRO Plus dirancang untuk menyimpan dan mentransfer foto profesional-grade, konten video 4K UHD yang ditangkap dari kamera DSLR high-end, smartphone, tablet dan kamera modern lainnya.

Varian PRO Plus mempunyai kecepatan menulis dan membaca yang lebih tinggi, masing-masing 90MB/s dan 95MB/s dengan ketersediaan format SD dan microSD. Ada dua pilihan kapasitas yang dapat dipilih, 32GB dan 64GB dimana kapasitas terakhir ini mampu menyimpan video 4K UHD dengan durasi hingga 110 menit atau video FHD selama 490 menit.

Info Menarik: Dengan Aplikasi Ini, Pengguna BlackBerry Bisa Temukan Perangkat yang Hilang Melalui SMS

Sedangkan kartu memori EVO Plus dibangun untuk menjawab kebutuhan konten smartphone, tablet, kamera compact dan camcorder Full HD. Seperti halnya varian pertama, EVO Plus juga hadir dalam format SD dan microSD dengan pilihan kapasitas 32GB, 64GB dan 128GB.

Sesuai peruntukannya, EVO Plus relatif memiliki kecepatan baca dan tulis lebih rendah yakni 80MB/s dan 20MB/s di level performa Class 1 dan Class 10. Namun dibandingkan kartu memori di kelasnya atau seri terdahulu, EVO Plus terbaru ini menjanjikan kecepatan yang relatif lebih unggul.

Tak hanya dari segi daya pacu kartu memori, kedua lineup kartu memori terbaru ini juga telah ditingkatkan ke level yang baik berkat 5 fitur “anti” ala Samsung, yaitu anti air, anti suhu, anti x-ray, medan magnet dan anti terhadap guncangan. Kelimanya memastikan memori berada dalam kondisi terbaik saat terpapar di situasi ekstrim, bahkan walau harus terendam air laut selama 72 jam atau 48 jam lebih lama dibanding produk lainnya. Atau suhu ekstim super dingin -25°C hingga super panas 85°C.

Info Menarik: Ini Daftar Aplikasi Chat Anonim Android Alternatif Pengganti “Secret” yang Telah Tiada

 

Format kartu microSD keduanya akan meluncur terlebih dahulu bulan ini di negara-negara yang disebutkan di atas. Disusul kemudian oleh format kartu SD yang menurut Samsung keduanya dapat dipasangkan ke sebagian besar jenis perangkat.

Pertanyaannya, Samsung begitu getol melahirkan kartu memori untuk smartphone dan perangkat lainnya. Lantas mengapa Galaxy S6 dan S6 Edge justru tidak mendukung tambahan memori eksternal. Mengapa tidak meluncurkan microSD yang khusus atau paling tidak kompatibel untuk smartphone unggulannya itu? Aneh kan, apa pendapat Anda?

Sumber berita SamsungTomorrow.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter