Categories

Home Appliance

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran Perangkat Bespoke, Lengkap dari Perabot Dapur Sampai Lemari Sepatu

Semua produk diciptakan untuk membantu konsumen mengelola dan menjalani hidup dengan lebih baik, tanpa merusak estetika rumah

Glenn Kaonang - 18 May 2021

Menjelang libur Lebaran kemarin, Samsung sempat menggelar event virtual bertajuk Bespoke Home 2021. Lewat acara tersebut, Samsung pada dasarnya ingin menyoroti ekspansi global jajaran produk kulkas Bespoke, sekaligus memberikan isyarat terkait peluncuran global lini produk Bespoke Kitchen Package yang akan datang, lengkap bersama dengan beragam lifestyle appliance dan solusi IoT terintegrasi terbaru.

“Kami bersemangat mengumumkan ekspansi global jajaran Bespoke, menawarkan solusi lifestyle yang komprehensif untuk memberdayakan konsumen yang mengeksplorasi kebutuhan lifestyle mereka yang terus berkembang,” kata JaeSeung Lee, President and Head of Digital Appliance Business, Samsung Electronics. “Sudah menjadi misi kami untuk mengembangkan produk-produk yang dapat membantu konsumen mengelola dan menjalankan hidup mereka dengan lebih baik.”

Kulkas customizable hadir ke global

Jajaran kulkas Bespoke kini menjangkau kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, CIS, Timur Tengah, dan kawasan tertentu di Asia dan Afrika. Sesuai makna kata “bespoke” yang sebenarnya, jajaran kulkas Bespoke hadir dalam lebih dari 20 warna orisinal dan tujuh finish, menyajikan banyak jumlah kombinasi yang bisa dipilih. Tidak lupa, kulkas Bespoke pun hadir dengan ciri khas Samsung selama ini, yang mencakup kapasitas besar, kenyamanan, dan performa pendinginan yang mumpuni.

Layout kulkas yang ditawarkan bervariasi berdasarkan region. Di Amerika Utara, konsumen bisa memilih mulai dari 4-Door Flex, 1-Door Column, atau 2-Door Bottom-Mount Freezer. Berbagai pilihan warna logam yang unik pun tersedia untuk konsumen di kawasan ini, termasuk Champagne Rose Steel, Navy Steel, dan Matte Black Steel.

Untuk kawasan Eropa, Bespoke tersedia dalam pilihan 1-Door dan Slim 1-Door, serta model Bottom-Mount Freezer dalam pilihan tinggi 1,8 dan 2 meter, dengan enam finish yang berbeda serta warna yang beragam, dari classic white hingga warna-warna pastel yang lembut maupun statement color.

Dapur serba Samsung dan deretan perangkat penunjang lifestyle

Bespoke Kitchen Package terbaru adalah ekspansi global pertama Samsung untuk produk Bespoke di luar kulkas, menerapkan filosofi perangkat yang dapat dikustomisasi ke seluruh bagian dapur, dimulai dengan pasar AS dan Eropa. Diluncurkan pada semester kedua tahun ini, penawaran khusus untuk kawasan Amerika Utara akan berpusat pada kulkas flagship Bespoke dan akan diperluas ke kompor, microwave oven, dan mesin pencuci piring Bespoke, dengan rancangan dan look-and-feel yang sama seperti kulkasnya.

Dari perspektif sederhana, Bespoke Kitchen Package memungkinkan konsumen untuk menyatukan atau mix-and-match estetika dapur mereka dalam warna dan finish favorit, dalam pilihan Matte Black Steel, Navy Steel, Champagne Rose Steel, dan White Glass.

Di tahun 2021 ini, Samsung juga akan memperluas jajaran produk lifestyle appliance yang mereka tawarkan. Dengan rumah yang kini merangkap fungsi ganda sebagai kantor, gym, dan juga ruang kelas, perangkat Bespoke Home terbaru ini akan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan memberikan lebih banyak fleksibilitas, automasi, dan higienitas.

Untuk kawasan Amerika Utara dan Eropa, deretan lifestyle appliance terbaru yang akan diluncurkan meliputi:

  • Bespoke AirDresser, yang menghadirkan berbagai solusi perawatan pakaian untuk memastikan bahwa pakaian tetap dalam kondisi prima, tentu saja dalam tampilan Bespoke yang sudah di-upgrade.
  • Bespoke Air Purifier, pemurni udara dengan mekanisme penyedotan dari lima arah untuk memurnikan udara dengan cepat dan intensif, bahkan di ruangan yang luas. Perangkat diyakini mampu menghilangkan 99,9999 persen debu berukuran 0,01 µm, sedangkan teknologi 3-way smart discharge akan menyirkulasikan udara bersih ke berbagai arah.
  • Bespoke Jet, yang hadir dengan clean station dan charging station, sehingga ketika aktivitas vacuum selesai, pengguna bisa menempatkan perangkat di dock untuk mengosongkan tempat debu sekaligus mengisi daya listriknya secara otomatis. Bespoke Jet versi baru ini akan tersedia dalam tiga pilihan warna, dan diluncurkan di Amerika Serikat, Eropa, CIS, dan Asia Tenggara pada semester kedua 2021.
  • Jet Bot AI+, robot vacuum pertama yang ditopang solusi Intel AI. Perangkat ini memanfaatkan teknologi pengenalan objek serta sensor LiDAR dan 3D untuk mengidentifikasi objek dan menentukan jalur pembersihan yang paling optimal. Jet Bot AI+ juga sudah dilengkapi dengan sebuah kamera dan terintegrasi dengan aplikasi SmartThings untuk mendukung remote home monitoring. Pemasarannya juga dijadwalkan berlangsung pada semester kedua 2021.
  • Bespoke ShoeDresser, yang berguna untuk menjaga sepatu supaya tetap segar setelah dipakai. Perangkat ini akan menghilangkan bau, kelembaban, dan mengeringkan sepatu berdasarkan material dan bentuknya, memastikan agar sepatu dirawat dengan cara yang tepat.
  • Bespoke Cube Refrigerator, yang menyediakan penyimpanan modular untuk berbagai produk selain bahan makanan, seperti misalnya anggur, bir, maupun produk kecantikan. Perangkat ini cukup senyap untuk ditempatkan di kamar tidur atau di dekat sofa, atau di mana pun pengguna memilih untuk menyimpan produk-produk khusus yang perlu berada dalam kondisi dingin.
  • Bespoke Water Purifier, yang tersedia dalam varian keran tunggal atau multiple. Perangkat ini dilengkapi sistem filter empat tingkatan dan dapat menyaring hingga 2.500 liter air, cukup untuk diminum oleh keluarga beranggotakan empat orang selama satu tahun. Volume dan suhu airnya dapat diatur dengan kontrol suara menggunakan Bixby.

Terkait ketersediaannya di Indonesia, berikut adalah komentar resmi dari Samsung: “Samsung akan terus memperluas kehadiran jajaran perangkat Bespoke ke seluruh dunia agar lebih banyak orang merasakan manfaat kulkas yang customizable, fleksibel, dan dapat mengangkat estetika ruangan rumah. Untuk kawasan Asia, terutama Indonesia, nantikan update dari Samsung untuk ketersediaannya.”

SmartThings untuk mewujudkan visi connected living

Untuk Bespoke Home, Samsung turut menekankan visi connected living melalui penerapan AI dan automasi. SmartThings mendorong visi tersebut dengan cara menyediakan platform manajemen rumah yang tersentralisasi dan mudah dikendalikan oleh pengguna. Singkat cerita, yang Samsung tawarkan bukan cuma alat yang canggih saja, melainkan juga layanan cerdas untuk melengkapinya.

Ambil contoh SmartThings Cooking. Layanan yang sudah tersedia di Amerika Utara dan beberapa negara di Eropa ini menyediakan meal plan dan resep yang dipersonalisasikan. Tujuannya adalah mencerminkan preferensi pengguna sekaligus stok makanan yang ada di dalam kulkas, dan secara otomatis mengatur suhu serta mode memasak berdasarkan setiap resep, lalu menerapkannya ke peralatan-peralatan memasak yang sudah tersinkronisasi.

Selanjutnya, ada SmartThings Pet yang tersinkronisasi dengan perangkat rumah tangga seperti Bespoke Air Purifier dan Jet Bot AI+ tadi, sehingga pengguna dapat memonitor hewan peliharaan mereka saat sedang tidak berada di rumah. Rencananyan, layanan ini akan diluncurkan secara global di Eropa, Amerika Latin, dan Asia pada semester kedua 2021.

Contoh lainnya adalah layanan SmartThings Clothing Care yang tersinkronisasi dengan Bespoke AirDresser serta smart washer dan smart dryer demi meningkatkan efisiensi kegiatan mencuci pakaian. Layanan ini akan merekomendasikan siklus dan pengaturan untuk perawatan pakaian yang optimal, sehingga pengguna tidak perlu menebak-nebak.

Terakhir, ada SmartThings Air yang tersinkronisasi dengan Samsung Air Purifier dan AC untuk memonitor kualitas udara di dalam dan di luar rumah pengguna secara real-time.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id