1. Lifestyle

Samsung Umumkan Laporan Kuartal Kedua, Divisi IT and Mobile Hasilkan Rapot Merah

Samsung secara resmi mengumumkan hasil kinerjanya di kuartal kedua tahun fiskal 2014 ini. Penurunan penetrasi pendapatan dari sisi perangkat mobile sedang ramai diperbincangkan di berbagai media massa dunia. Turunnya profit Samsung di divisi IT and Mobile ini tentu cukup memukul perusahaan asal Korea ini. Dalam laporan keuangan yang dirilisnya, Samsung telah mengumumkan besar keuntungan sebesar 7,19 triliun won atau setara dengan $6,97 miliar.

Dari sisi divisi IT and Mobile Samsung mengalami penurunan laba operasional sebesar 31 persen untuk penjualan tablet dan 12 persen untuk smartphone, dengan nominal penurunan laba sebesar 4,42 triliun won dari perolehan laba operasional di kuartal pertama yaitu sebesar 6,43 triliun won. Dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya, angka ini jauh turun dari angka 6,28 triliun won. Pada dasarnya divisi ini menjadi penompang pendapatan terbesar bagi Samsung.

Samsung berhasil menjual 95 juta unit handset berbasis ponsel pintar dan 8 juta unit tablet pada kuartal kedua ini. Perusahaan berencana mengusung model baru dan memilih bahan baru untukhigh-end smartphone besutan Samsung untuk kembali menstabilkan keuntungan dari sisi perangkat mobile, sesuai pernyataan dari Hyunjoon Kim, Senior VP Samsung Mobile. Inovasiphablet Galaxy seharusnya dapat menjadi harapan untuk menutup penurunan laba 31 persen pada kuartal ini karena trend terkini devices phablet ukuran kisaran 5,5 inci cukup menjadi trend di pasaran.

Tak mengherankan jika Samsung alami penurunan performa pendapatan dari pangsa pasar perangkat mobile, pasalnya dalam pangsa pasar low-end devices Samsung harus bekerja sangat keras bersaing dengan vendor lain seperti Lenovo dan Asus.

Samsung sendiri masih punya divisi lain yang memiliki peningkatan keuntungan, salah satunya pada divisi peralatan elektronik tercatat pertumbuhan konsumen sebesar 300 persen dengan peningkatan keuntungan sebesar 0,77 trilyun won. Untuk bisnis semikonduktor dan display panel Samsung juga mendapatkan keuntungan sebesar 2,09 trilyun won, naik sebesar 12 persen. Dengan demikian Samsung menerima keuntungan pendapatan sebesar 52,35 trilyun won dalam penjualan produknya, turun 2 persen dari kuartal sebelumnya. Dalam laporan tercatat laba besih sebesar 6,25 trilyun won.

Selain akan kembali fokus untuk mengusung inovasi lebih hebat dalam pengembangan perangkat mobile, Samsung juga akan meningkatkan performa bisnis SSD dan solusi berbasis cloud computing.

[Gambar: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Randi Eka Yonida.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again