3 March 2021

by Lukman Azis

Samsung Ungkap Jajaran TV Premium dan Monitor Tahun 2021

Dari MICRO LED, Samsung Neo QLED hingga monitor dan layar lifestyle

Saat ini, banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan keberadaan perangkat televisi pun memegang peranan penting, baik untuk hiburan, edukasi, maupun mendukung kegiatan bekerja di rumah. Lewat acara virtual Unbox & Discover kemarin, Samsung mengungkap jajaran produk TV-nya di tahun 2021, meliputi lini MICRO LED, Samsung Neo QLED, Lifestyle TV, monitor, dan soundbar.

"Di Samsung, kami dengan bangga senantiasa berinovasi untuk menjadikan hidup sehari-hari konsumen lebih baik. Selama setahun terakhir, teknologi yang awalnya sekadar 'nice to have', kini telah menjadi kebutuhan, sebab rumah kita telah menjadi kantor, sekolah, gym, dan lebih lagi. Peran televisi dalam kehidupan kita telah berkembang dan pada tahun 2021, Samsung terus mendefinisikan ulang peran televisi di seputar kebutuhan dan passion konsumen," ujar James Fishler, Senior Vice President, Home Entertainment Division, Samsung Electronics America.

MICRO LED Hadir ke Rumah

Kembali pada tahun 2018, Samsung memperkenalkan Micro LED dalam wujud "The Wall" - sistem modul-modul yang dapat dikonfigurasi hingga mencapai ukuran 292 inci. Dengan fleksibilitas seperti itu, The Wall membutuhkan instalasi profesional di rumah atau kantor.

Tahun ini, Samsung mengumpulkan semua kemampuan dari teknologi Micro LED tersebut ke dalam form factor TV tradisional. Sekarang, konsumen dapat menghadirkan pengalaman sinematik di rumah dalam layar edge-to-edge, tanpa memerlukan bantuan profesional untuk merakit dan memasangnya.

MICRO LED juga dapat menjadi layar 4-in-1. Dengan fitur 4Vue (Quad View), pengguna dapat menonton konten dari empat sumber berbeda secara bersamaan. Contohnya bisa memainkan video game sambil streaming panduan.

MICRO LED tersedia dalam ukuran 110 inci dan 99 inci dan secara global akan tersedia mulai akhir Maret 2021. Sedangkan, ukuran 88 inci akan diluncurkan pada musim gugur dan ukuran 76 inci di masa mendatang.

Samsung Neo QLED

Ketika orang-orang beralih ke TV sebagai sarana penyaluran passion, Samsung mengembangkan Samsung Neo QLED untuk meningkatkan pengalaman menonton, apapun tontonannya. Pengalaman menonton di Samsung Neo QLED dimungkinkan berkat Neo Quantum Processor dan Quantum Mini LED terbaru.

Pada ukuran hanya 1/40 kali dari ukuran LED konvensional, Quantum Mini LED menghadirkan kendali pencahayaan yang sangat baik. Dengan warna hitam yang kelam, cahaya yang lebih terang, dan teknologi upscaling yang lebih cerdas.

Samsung Neo QLED dan QLED juga pendamping ideal untuk konsol seperti Xbox Series X. Samsung merupakan Official TV Partner dari Xbox Series X di Amerika Serikat dan Kanada. Samsung juga berpartner dengan AMD untuk mengembangkan TV pertama dengan dukungan Freesync Premium Pro, baik untuk PC dan game konsol untuk menyajikan pengalaman gaming HDR lebih baik.

Bagi yang menggemari fitness, Samsung Neo QLED menghadirkan training kebugaran dan gaya hidup sehat ke rumah dengan Samsung Health. Di tahun 2021, platform fitness ini menambahkan fitur Smart Trainer, dengan kamera opsional yang dijual terpisah, Smart Trainer memanfaatkan AI untuk menganalisis postur dan memberikan feedback secara real-time untuk membetulkan postur ketika menggunakan video instruksional.

Samsung Neo QLED 8K (QN800A dan QN900A) akan tersedia dalam ukuran 65 inci, 75 inci, dan 85 inci. Sementara model 4K-nya (QN90A dan QN85A) akan menyajikan pilihan yang lebih beragam, dimulai dari 50 inci.

Lifestyle TV

Pada kategori Lifestyle TV, Samsung menawarkan layar yang didesain sesuai kebutuhan, selera pribadi, dan style pengguna. The Frame dari Samsung mentransformasikan TV menjadi karya seni yang bisa dipersonalisasikan sesuai dengan estetika dan dekorasi rumah.

Melalui kerja sama yang baru pada Art Store, seperti NAVA Contemporary dan Etsy, The Frame menampilkan lebih banyak karya seni orisinil yang cocok dengan selera individu. The Frame juga menghadirkan ruang penyimpanan foto yang lebih besar, dari 500MB pada 2020 menjadi 6GB di 2021, sehingga dapat menyimpan hingga 1.200 foto dalam kualitas UHD.

Tahun ini ada cara-cara baru untuk mengkustomisasi The Frame, mulai dari pilihan mounting baru seperti Slim Fit Wall Mount hingga lima pilihan bezel dan lebih banyak lagi tawaran dari pihak ketiga. The Frame 2021 dibuat lebih ramping dari sebelumnya, dengan ketebalan hanya 24,9mm.

Samsung juga menawarkan cara baru untuk memajang The Frame 2021 melalui My Shelf, aksesoris baru yang akan diluncurkan secara global tahun ini yang memungkinkan pengguna menciptakan dinding yang diatur dengan sentuhan personal untuk melengkapi layar dan dekor rumah. My Shelf dapat dilekatkan pada The Frame berukuran 55, 65, dan 75 inci, dan akan tersedia dalam 4 pilihan warna: beige, putih, coklat, dan hitam.

Bagi yang merindukan pengalaman di bioskop, Samsung memiliki The Premiere, proyektor triple laser pertama di industri dengan resolusi 4K. Untuk membantu konsumen menggunakan The Premiere di manapun di rumahnya, Samsung akan menawarkan layar yang dapat digulung yang dioptimalkan untuk The Premiere pada tahun ini di Samsung.com.

Selanjutnya The Terrace, TV ini dirancang untuk digunakan di luar ruangan dan tentu sudah weather-resistant, dengan peringkat IP55 untuk melindungi perangkat dari air dan debu. Perangkat ini juga mudah dipasang dan mudah disambungkan ke layanan TV kabel dan jaringan Wi-Fi. The Terrace tersedia dalam ukuran 55 inci, 65 inci, dan model 75 inci.

Smart Monitor

Samsung Flip 75

Smart Monitor adalah monitor 'do-it-all' pertama dari Samsung yang menggabungkan aspek terbaik dari monitor dan TV. Smart Monitor kompatibel dengan Wi-Fi, Bluetooth, Wireless DeX, dan Apple AirPlay 2, sehingga konsumen bisa bekerja dari mana saja tanpa harus terhubung ke PC.

Dengan fitur AirPlay 2, pengguna dapat menjalankan streaming, mengontrol, dan berbagi konten favorit mereka langsung dari iPhone, iPad, atau Mac ke monitor. Ketika butuh waktu untuk bersantai, pengguna bisa menikmati serial-serial favorit dengan menyalakan platform Smart TV dan mengakses aplikasi streaming favorit.

Untuk mendukung cara belajar dan bekerja yang baru, Samsung memperkenalkan Samsung Interactive Display FLIP 75 inci, papan tulis digital yang dapat digunakan untuk menulis, menggambar, dan mengedit. Dengan resolusi 4K, visual bisa dengan mudah dibaca, satu tim yang terdiri dari 20 orang juga dapat bekerja secara bersamaan, melakukan sinkronisasi perangkat mereka untuk berbagi konten secara real-time.

Soundbar

Lini produk Q Series 2021 menggunakan teknologi eksklusif Q-Symphony, mensinkronisasi audio dari Samsung TV untuk menghadirkan suara 3 dimensi yang disempurnakan. Soundbar ini bahkan mengukur lingkungannya untuk memproyeksikan audio ke arah yang dibutuhkan dengan presisi.

Untuk pengalaman yang imersif, Q950A menghadirkan 11.1.4 channel sound pertama di industri. Fitur baru Bass Boost memungkinkan pengguna untuk menambahkan "lebih banyak boom" dengan satu klik saja. Bagi yang memutar musik dari perangkat mobile, Tap Sound membuatnya semudah mengetukkan perangkat ke soundbar. Q950A juga mendukung beberapa voice assistant, termasuk Amazon Alexa dan Bixby, membuatnya lebih mudah mengendalikan pengalaman menikmati audio ini.