25 April 2017

by Bambang Winarso

Aplikasi Baru Samsung Dirancang untuk Bantu Penderita Gangguan Bahasa

Samsung Wemogee akan segera diluncurkan pada tanggal 28 April 2017 ke Play Store

Samsung baru saja merilis pengumuman bahwa mereka bakal meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama Wemogee pada tanggal 28 April mendatang. Ini adalah alat komunikasi yang dirancang untuk membantu pengguna dengan gangguan Afasia atau gangguan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Sedikit mengulas tentang afasia. Ini adalah gangguan kontrol bahasa yang disebabkan oleh kerusakan organ otak yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengerti dan mengekspresikan ucapan. Menurut Samsung, riset terkini menemukan bahwa emoji dapat membantu orang dengan gangguan ini dalam mengekspresikan diri mereka. Dengan latar belakang inilah, Wemogee dibuat dan difungsikan sebagai penerjemah antara emoji dan teks, memuat lebih dari 140 jenis frasa yang memudahkan komunikasi.

Untuk membangun aplikasi ini Samsung bekerja dengan sejumlah terapis bahasa dan bicara untuk mempelajari gangguan afasia. Penderita Aphasia dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan pesan dalam bentuk emoji. Emoji-emoji yang dikirimkan kemudian diolah dan diterjemahkan ke dalam kata-kata sehingga orang lain atau penderita afasia lainnya dapat memahami maksudnya. Dengan dukungan lebih dari 140 frasa, cakupan bahasa yang dapat diterjemahkan di Wemogee cukup luas, misalnya mengajukan tau menjawab pertanyaan sederhana, menceritakan kalimat kompleks sehari-hari, menunjukkan emosi dan mengekspresikan perasaan.

Dan untuk memudahkan penggunanya, Samsung juga telah mengelompokkan semua frasa ke dalam 6 kategori utama berbeda guna memastikan pengguna frasa yang benar untuk situasi. Langkah ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan frasa yang tepat untuk suasana hati atau kondisi tertentu. Saat diluncurkan ke Play Store nanti, Wemogee baru mendukung dua bahasa, Inggris dan Italia.

Sumber berita Samsung.