Smartphone Tizen OS, Samsung Z4 Tiba dengan Desain Baru

Samsung Z4 akan mulai dijual bulan Mei di India dan sejumlah negara berkembang lainnya

Jajaran Samsung Z menjadi senjata kedua Samsung jika suatu saat ekosistem Android menemui fase kejenuhan dan perlahan mati seperti yang dilalui oleh Symbian dan BlackBerry. Model ini memang tidak mengadopsi sistem operasi Android seperti seri yang lain, melainkan menggunakan Tizen OS yang dikembangkan sendiri oleh Samsung.

Seri pertama Samsung Z1 lahir dengan spesifikasi yang minimalis. Hingga seri ketiga lahir, Samsung Z masih tetap dengan konsep dasarnya, sederhana dan dijual dengan harga terjangkau. Tapi perlahan Samsung mulai melakukan peningkatan meski tak banyak. Hal itu terlihat dari apa yang coba mereka suguhkan dalam wujud Samsung Z4, generasi smartphone Tizen OS keempat yang secara resmi diperkenalkan pekan lalu.

Samsung Z4 menjadi seri pertama yang menggunakan rancangan desain kaca 2.5D yang membalut layar selebar 4,5 inci beresolusi 480x800 piksel. Ukuran layarnya yang terlalu lebar plus grip rancangan khusus, membuat perangkat sangat mudah dioperasikan dengan satu tangan sembari mengerjakan sesuatu yang lain. Samsung juga berupaya memberikan kesan mewah melalui lapisan mengkilap di depan dan pola unik di bagian belakang.

Jeroan smartphone berbasis Tizen 3.0 ini dihuni prosesor empat inti dengan kecepatan 1,5GHz yang dipasangkan dengan RAM 1GB. Melengkapi kinerja apik di kelasnya, ponsel juga menghadirkan sepasang kamera 5MP di belakang dan depan. Kamera depannya membawa LED flash dan sejumlah mode kamera untuk menyempurnakan bidikan selfie pemiliknya.

Belum ada informasi berapa harga Samsung Z4, namun perangkat yang sudah mendukung internet ngebut 4G LTE ini bakal digulirkan ke India mulai bulan Mei ini. Akan ada tiga pilihan warna, antara lain hitam, emas dan silver.

Sumber berita Samsung.