Categories

Gadget

Samyang Umumkan Lensa AF 85mm F1.4 untuk Canon RF mount

Lensa ini sudah tersedia lebih dulu untuk Sony E-mount

Lukman Azis - 29 May 2020

Salah satu pertimbangan ketika hendak beralih dari sistem kamera APS-C ke full frame adalah ekosistem lensa dan variasi harganya yang mana jelas Sony unggul. Namun, pendekatan yang dilakukan oleh Canon juga sangat menarik.

Ya, mereka menawarkan versi terjangkau kamera mirrorless EOS R dengan EOS RP yang saat ini dibanderol Rp17.900.000. Membuatnya menjadi kamera mirrorless full frame generasi baru yang paling terjangkau.

Canon juga punya beberapa lensa RF yang harganya lumayan terjangkau yaitu Canon RF 35mm F1.8 IS STM Macro dan Canon RF 24-105mm F4.0-7.1 IS STM. Kini, Samyang telah meluncurkan lensa prime AF 85mm F1.4 dengan Canon RF mount yang juga cukup murah.

Sebelumnya, lensa ini sudah tersedia lebih dulu untuk Sony E-mount. Selain perubahan dudukan lensa, spesifikasi lainnya tidak berubah. Samyang AF 85mm F1.4 terdiri dari 11 elemen dalam 8 grup, termasuk satu elemen Extra-Low Dispersion (ED), empat elemen High Refractive Index (HRI) untuk membantu meminimalkan aberasi kromatik, dan Samyang Ultra Multi Coating (UMC) untuk menghilangkan flare dan ghosting.

Sistem autofocus pada lensa ini digerakkan oleh Dual Linear Sonic Motor (DLSM) Samyang dan di body lensa telah dilengkapi tombol AF/MF untuk beralih dari autofocus ke manual focus dengan cepat. Lensa ini sudah dilengkapi fitur weather-sealing, 9-blade circular aperture, dan ukuran filternya 77mm.

Samyang AF 85mm F1.4 RF dibanderol US$800 atau sekitar Rp11,7 jutaan. Sebagai pembanding, Canon punya RF Mount 85mm F1.2L yang dibanderol US$2700 dan US$3000 untuk versi dengan Defocus Smoothing.

Sumber: PetaPixel

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter