10 January 2018

by Lukman Azis

SanDisk Pamerkan USB-C Flash Drive Kapasitas 1TB untuk Smartphone di CES 2018

Kapasitas 1TB untuk mengatasi ledakan konten di smartphone

Berapa besar memori internal smartphone yang Anda gunakan? 16GB, 32GB, atau bahkan 64GB dan mungkin itu masih belum cukup.

Ledakan konten di smartphone, seperti aplikasi, game, foto, lagu, video, dan sebagainya, membuat ruang penyimpanan cepat terkuras habis. Layanan cloud storage seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan lainnya memang cukup membantu, tapi kapasitas ruang penyimpanan data yang ditawarkan di versi gratis tergolong kecil.

Gambar via Engadget

Western Digital paham betul mengenai masalah tersebut, di gelaran Consumer Electronics Show 2018 (CES 2018), mereka pun memamerkan prototipe SanDisk USB-C flash drive kapasitas 1TB yang diklaim memiliki bentuk terkecil di dunia.

Kapasitas 1TB atau 1.000 GB tentu sudah lebih dari cukup untuk mengatasi masalah ledakan konten di smartphone. Jika ponsel pintar Anda sudah menggunakan port USB Type-C, maka bisa langsung ditancap ke smartphone. Sayangnya, harga dan detail spesifikasi SanDisk USB-C flash drive 1TB ini belum diungkap.

Perangkat lainnya yang diperkenalkan (bukan prototipe) ialah SanDisk Ultra Fit USB 3.1 Flash Drive berkapasitas 256GB (read speed 130 mbps) yang juga diklaim memiliki bentuk terkecil di dunia. Dengan kapasitas 256GB, Anda memiliki fleksibilitas untuk menyimpan lebih banyak konten.

Misalnya saja, 14.000 foto, 10 jam video full HD, 16.000 lagu, dan itupun masih tersisa 64GB yang tersedia untuk menyimpan file lainnya. Jika tertarik, SanDisk Ultra Fit USB 3.1 Flash Drive 256GB dijual US$149,99 atau sekitar Rp2,1 jutaan.

Sumber: GSMArena dan Theverge. Gambar: Engadget dan SanDisk