Sangat Pintar, Kamera Pengawas Butterfleye Bisa Bedakan Penghuni Rumah dan Maling

Tugas kamera pengawas tentu saja adalah memonitor situasi di dalam rumah secara konstan. Namun pada kenyataannya, apakah pengawasan secara terus-menerus ini benar-benar diperlukan? Saat Anda yang sedang bersantai di dalam rumah, apakah kamera pengawas harus tetap menjalankan tugasnya?

Sebuah startup asal AS menilai bahwa pengawasan konstan ini bukanlah cara yang efisien dalam mengamankan rumah. Mereka pun mengembangkan sebuah kamera pengawas yang diklaim sanggup memahami kapan saat yang tepat untuk merekam, dan kapan sebaiknya ia 'beristirahat'.

Bernama Butterfleye, fitur-fitur yang diusung sebenarnya tidak jauh berbeda dibanding mayoritas kamera pengawas lainnya. Selain merekam video beresolusi 1080p, ia juga dilengkapi sensor pendeteksi gerakan, pendeteksi suara maupun fitur streaming via aplikasi mobile.

Info menarik: Branto Orb, Kamera Keamanan 360 Derajat Sekaligus Pusat Kontrol Perangkat Smart Home

Namun yang membedakan Butterfleye adalah kemampuannya menganalisa kondisi di dalam ruangan. Ia dibekali algoritma canggih yang diklaim sanggup mengenali wajah penghuni rumah sekaligus hewan peliharaan kesayangannya. Saat orang-orang ini yang berkeliaran, Butterfleye tidak akan melakukan pengawasan.

Saat rumah sedang kosong pun, Butterfleye tetap akan berada dalam posisi idle. Namun saat ia mendeteksi ada suara atau gerakan yang tidak biasa, atau bahkan wajah yang tak dikenal, ia akan langsung mulai merekam.

Jadi, ketimbang merekam secara terus-menerus sampai baterainya habis hanya dalam hitungan jam, Butterfleye hanya akan merekam ketika ada sesuatu yang ganjil yang sedang terjadi. Dampaknya, baterai milik Butterfleye pun bisa lebih awet; sampai hitungan minggu dalam posisi idle.

Info menarik: Cuma $40, Philips Hue Wireless Dimming Kit Ajak Anda Cicipi Tren Smart Home

Butterfleye bisa beroperasi meski sedang tidak terhubung ke internet – krusial saat listrik rumah padam. Ia dilengkapi storage internal yang sanggup menyimpan video hingga durasi 12 jam. Saat ada akses internet, ia akan mengunggah hasil pengawasannya ke cloud sehingga Anda bisa memonitor keadaan dari jauh via smartphone.

Efisiensi adalah kata kunci yang dipegang teguh oleh Butterfleye. Kalau Anda tertarik, ia sekarang sudah bisa dipesan lewat Indiegogo seharga $199, plus $30 untuk biaya pengiriman internasional.