Ayo PC Anda Dengan SteamVR Performance Test

Sanggupkah PC Anda Tangani HTC Vive? Cek Dengan SteamVR Performance Test dari Valve

Performance Test diambil dari potongan skenario Aperture Robot Repair VR, berjalan selama dua menit.
SteamVR Performance Test 01
SteamVR Performance Test 01

Tak lama setelah menyingkap informasi mengenai harga, HTC dan Valve segera mengumumkan daftar komponen PC yang dibutuhkan buat menjalankan head-mounted display Vive. Seperti dugaan banyak orang, level hardware tidak jauh berbeda dari Rift. Namun jika masih kurang yakin, Valve sudah menyiapkan tool khusus supaya Anda bisa mengujinya sendiri.

Sebagai pengembang sisi perangkat lunak HTC Vive, Valve menyediakan SteamVR Performance Test, sebuah program yang diracik untuk mengevaluasi kesanggupan susunan hardware sistem Anda dalam menangani headset VR tersebut. Performance Test mengambil latar belakang jagat permainan Portal, potongan dari skenario Aperture Robot Repair VR, berjalan selama dua menit.

SteamVR Performance Test 02

Setelah mengumpulkan data dan mengolahnya, tool bertugas mengkalkulasi apakah PC Anda sanggup menjalankan konten virtual reality atau tidak. Standar Valve adalah 90 frame rate per detik serta kemampuan konten menjaga kualitas visual di tingkatan yang optimal. Seandainya sistem belum ‘VR ready‘, SteamVR Performance Test dapat memudahkan kita menemukan kelemahannya – apakah terkait CPU, kartu grafis, atau keduanya.

Hasil dari tes terdiri dari tiga tingkatan: not ready, capable dan ready. SteamVR Performance Test juga menghitung tingkat ‘fidelity‘ dan frame rate (serta fps CPU-bound atau yang terpantau di bawah 90fps). Zona berwarna merah mengindikasikan PC tidak bisa menopang Vive, sedangkan kuning menandakan ‘pas-pasan’, dan beberapa fitur tidak ditampilkan demi menjaga frame rate tetap tinggi. Beberapa GPU high-end lawas masuk di sini, contohnya GeForce GTX 680.

SteamVR Performance Test 03

Perlu diingat, skor performa bisa berbeda-beda saat Anda menjalankan tes di satu sistem. Hal ini dapat dipengaruhi faktor aplikasi, atau diakibatkan oleh GPU atau CPU yang di-overclock. Rock Paper Shotgun menyampaikan, SteamVR Performance Test belum mampu mengerti laptop berkartu grafis lebih dari satu. Jadi Anda harus setting GPU utama terlebih dahulu, karena jika tidak, software hanya membaca Intel HD Graphics saja.

Seperti ini konten dari SteamVR Performance Test:

Untuk simpelnya, Anda cukup berpatokan pada list spesifikasi yang telah dipublikasi HTC:

  • Prosesor Intel i5-4590 / AMD FX 8350
  • Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970 / AMD Radeon R9 290
  • RAM 4GB
  • Output HDMI 1.4 atau DisplayPort 1.2
  • USB 1x USB 2.0
  • Sistem operasi Windows 7 SP1 atau yang terbaru

SteamVR Performance Test bisa diunduh gratis dari Steam.

Via Eurogamer.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…