27 January 2015

by Bambang Winarso

Sasar Perangkat 2G, Facebook Uji Aplikasi Android Versi "Hemat"

Jejaring sosial raksasa, Facebook diam-diam meluncurkan sebuah aplikasi versi hemat ke toko Google Play Store. Aplikasi versi mini tersebut dikatakan khusus untuk pasar berkembang dan perangkat dengan koneksi 2G atau yang mempunyai jaringan alakadarnya.

Facebook Lite sudah beredar di Google Play sejak 20 Januari silam, pihak Facebook sendiri belum secara resmi mengumumkan kehadiran aplikasi. Belakangan dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook yang mengatakan bahwa aplikasi tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba.

Dengan konsep mini tersebut, Facebook menyasar beberapa negara berkembang meliputi Bangladesh, Nepal, Nigeria, Sudan, Afrika Selatan, Vietnam dan Sri Langka.

 

Info Menarik:Colokan Listrik Tak Tersedia? Lifepower A2 Siap Isi Ulang Baterai Laptop Anda

 

Saat ini aplikasi sudah dapat diunduh tanpa membutuhkan koneksi yang cepat, berukuran mini 252KB, Facebook Lite menawarkan akses beragam layaknya layanan utama Facebook dan juga fitur percakapan grup dilengkapi dengan notifikasi dan berbagi foto.

Memulai debutnya satu minggu yang lalu, Facebook Lite sudah diunduh antara 10.000 hingga 50.000 kali di Google Play Store. Sejauh ini tanggapan pengguna terbilang sangat baik dengan rating yang ditinggalkan rata-rata 4,6 dari 5 bintang.

Proyek "hemat" seperti ini bukan kali pertama bagi Facebook. Sebelumnya jejaring sosial terbesar di dunia tersebut juga menggalakkan proyek internet gratis Internet.org yang membuka akses internet ke beberapa negara-negara berkembang salah satunya Afrika.

Sumber berita Thenextweb dan gambar headerFacebook via Shutterstock.