6 August 2015

by Glenn Kaonang

Aksesori Ini Bisa Gantikan Fitur "Hey Cortana" Tanpa Menguras Baterai

Sudah update ke Windows 10? Kalau sudah, besar kemungkinan Anda juga sudah berjumpa dengan Cortana, asisten virtual kebanggaan Microsoft, yang bisa diaktifkan hanya dengan memanggil "Hey Cortana".

Pun demikian, tidak selamanya fitur ini menarik buat pengguna Windows 10, khususnya mereka yang memakai tablet atau laptop. Mengapa? Karena Cortana sejatinya akan terus aktif mendengarkan suara di sekitarnya, sehingga ketika Anda memanggilnya, ia pun langsung siap menerima instruksi lebih lanjut. Ujung-ujungnya, Anda harus berkompromi dengan daya tahan baterai yang sedikit lebih boros.

Untuk itu, perusahaan asal San Diego yang bergerak di bidang aksesori, Satechi, ingin memberikan solusi dalam wujud yang amat sederhana. Mereka memperkenalkan Satechi BT Cortana Button, sebuah aksesori yang bisa dipakai bersama perangkat Windows 10, termasuk smartphone ketika versi mobile OS anyar tersebut sudah tersedia.

Info menarik: Acer Aspire One Cloudbook, Laptop Windows 10 Harga “Kaki Lima”

Satechi BT Cortana Button hanya mempunyai satu fungsi saja, yakni memanggil asisten virtual Windows 10 tersebut. Sambungkan aksesori ini ke perangkat Windows 10 via Bluetooth, maka Anda siap memanggil Cortana kapanpun Anda menekan tombol birunya. Karena menggunakan Bluetooth LE dengan jangkauan sekitar 12 meter, ia tidak akan menguras daya baterai perangkat secara berlebihan.

Sejauh ini mungkin Anda akan bertanya, "Kalau saya bisa mengaktifkan Cortana lewat layar perangkat, mengapa saya butuh aksesori ini?" Manfaat lain dari Satechi BT Cortana Button adalah ketika Anda berada di dalam mobil, dimana Anda bisa melekatkan aksesori tersebut di lingkar kemudi, lalu memanggil Cortana dengan mudah tanpa harus menggapai tablet atau smartphone Anda.

Satechi BT Cortana Button rencananya akan segera dipasarkan pada akhir bulan Agustus ini seharga $23 melalui situs resminya maupun Amazon. Kalau Anda tertarik menikmati fitur "Hey Cortana" tanpa menguras daya baterai, aksesori ini bisa jadi alternatif menarik.