1. Startup

Satu Lagi E-commerce Platform di Facebook, LakuBgt.com

Di tahun 2012 ini, perkembangan dunia e-commerce di Indonesia terus tumbuh, beberapa pemain e-commerce muncul dengan memilih ceruk dan bermain hanya di segmen tertentu, misalnya fashion untuk perempuan, barang dengan harga tertentu atau ceruk lainnya. Selain itu layanan payment juga bermunculan dan yang telah ada terus mengembangkan layanan mereka dan belum lagi layanan yang menyediakan platform untuk dapat memiliki toko online sendiri (baik itu di web, social platform, dsb).

Pada artikel ini, saya akan membahas sebuah layanan e-commerce platform di Facebook atau yang bisa disebut f-commerce atau Facebook CommerceDailySocial juga pernah membahas layanan semacam ini yaitu MySellr yang sekarang berubah nama menjadi Onigi, dan baru-baru ini muncul layanan serupa bernama LakuBgt.com.

Untuk menggunakan LakuBgt.com, Anda bisa mengikuti beberapa langkah, yang pertama setup toko online Anda pada LakuBgt.com, lalu yang kedua yang harus dilakukan adalah mendaftar payment processor di iPayMu. Setelah keduanya selesai, pengguna sudah dapat mulai berbisnis melalui e-commerce platform dari LakuBgt.com ini.

Namun, ketika saya mencoba membuat toko online dengan layanan dari LakuBgt.com, ada beberapa kendala ketika melakukan setup awal. Sebagai pengguna yang awam akan teknologi, bisa jadi akan mengalami kebingungan ketika membuat toko online dengan layanan ini, terutama pada saat tahap membuat mendaftar pembuatan app di Facebook. Pastinya, seorang user menginginkan penggunaan yang simple dan mudah ketika digunakan (user experience). Ketika sebuah aplikasi memudahkan dalam hal penggunaan bagi user, aplikasi itu tentu akan banyak digunakan dan dibutuhkan oleh mayoritas orang.

Riyeke Ustadiyanto, selaku pemilik dari LakuBgt.com dan juga iPayMu menjelaskan pada sebuah post di Facebook Group komunitas Stasion bahwa LakuBgt.com untuk saat ini tidak 100% berjalan mulus (masih dalam tahap pengerjaan dan maintenance). Itu terbukti, ketika saya menemui beberapa error pada saat mencoba LakuBgt.com. Pada post tersebut, Riyeke juga menjelaskan bahwa pada layanan LakuBgt.com ini juga dapat dilakukan SEO, sudah tersedia space untuk SEO yang bisa digunakan oleh pengguna. Untuk saat ini LakuBgt.com juga sedang melakukan integrasi dengan API OngkosKirim.com, jadi nantinya para pengguna bisa membandingkan harga pengiriman barang di berbagai penyedia perusahaan jasa pengiriman barang.

LakuBgt.com juga memberikan layanan mereka secara cuma-cuma kepada 1.000.000 member pertama, pembaca yang tertarik untuk membuka toko online di Facebook, bisa melihat dan mempelajari layanan yang ada di situs LakuBgt.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again