1. Startup

Portal Informasi Layanan Publik "Satu Layanan" Luncurkan Aplikasi Mobile untuk Platform iOS

Portal informasi layanan publik Satu Layanan, yang digagas oleh gerakan Open Government Indonesia (OGI) dan dikoordinir oleh UKP4 (Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan), kemarin (4/3) meluncurkan aplikasi mobile versi iOS yang dapat diunduh secara gratis.  Berbagai informasi dan direktori layanan publik bisa diperoleh dengan mudah dalam genggaman.

Portal informasi Satu Layanan sendiri telah dapat digunakan sejak September 2012 lalu. Saat ini telah tersedia 211 layanan dari 46 institusi yang berkontribusi dalam portal ini. Semua informasi dan direktori yang lengkap ini tersedia juga dalam aplikasi mobile-nya.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui seluk beluk, tata cara, serta lokasi tempat memperoleh layanan publik terdekat. Pengguna akan dimudahkan dalam mencari informasi layanan yang dibutuhkan dengan segera. Informasi  layanan yang tersedia juga lengkap, mulai dari layanan pembuatan kartu keluarga, e-KTP, surat nikah, akta kelahiran, akta kematian, pembuatan SIM, hingga perpanjangan STNK.

Aplikasi ini menawarkan tiga fitur utama, yaitu Kategori, Modul, dan Pengelola Layanan. Fitur Kategori berisi beragam jenis layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk di dalamnya Rumah Tangga, Pendidikan, Pajak Keuangan, Transportasi, Jaminan Sosial, Pertanahan, Usaha, Kesehatan, Perjalanan Internasional, Kependudukan, dan Administrasi Kendaraan.

Bagi instansi pemerintahan dan non pemerintahan, Satu Layanan memberikan wadah untuk menyediakan informasi dan layanan yang disediakan instansi tersebut secara mudah kepada masyarakat. Sekarang masyarakat tak perlu lagi bingung, harus kemana, bertanya kepada siapa, syarat dan ketentuan untuk mengurus surat-surat seperti akta kelahiran, akta kematian, pindah rumah, membuat dan memperpanjang SIM hingga NPWP. Semua jawaban tersedia dalam satu aplikasi.

Fitur Modul berfungsi sebagai direktori. Di segmen ini, pengguna dengan mudah menemukan alamat pengadilan Indonesia, data industri, akademi kepolisian, akademi militer, dan berbagai instansi lain.  Sementara di bagian Pengelola Layanan, masyarakat dijelaskan soal fungsi dan kegiatankerja suatu instansi pemerintahan yang terdaftar di dalamnya.

Sebagai sebuah aplikasi  informasi dan direktori layanan publik, SatuLayanan menyediakan informasi yang lengkap dan terperinci, tapi secara tampilan belum terlalu rapi. Peta serta informasi yang dihadirkan seringkali tidak dioptimasi untuk layar ponsel. Selain itu kami juga menemukan bahwa kolom Pencarian yang berada di bagian paling atas hanya bisa mencari kata-kata untuk data yang sehalaman saja dan tidak bisa digunakan untuk mencari informasi yang terletak di halaman berbeda.

Satu Layanan telah tersedia untuk platform Android pertengahan Februari lalu.

[Ilustrasi Foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again