1. Startup

Satu Milyar Pertama Tokopedia

Sebagai salah satu startup yang diberikan ekspose cukup tinggi, Tokopedia terbukti cukup pintar memanfaatkan momentum yang dimilikinya untuk menjaring pengguna baru serta merangsang transaksi online. Dalam sebuah blog post yang ditulis kemarin, Tokopedia mengklaim total transaksi yang terjadi sejak 17 Agustus 2009 di situsnya telah mencapai angka satu milyar rupiah. Bukan angka yang besar memang, namun jumlah yang patut diperhitungkan oleh para kompetitornya.

Pencapaian yang bisa dibilang luar biasa, dan juga sebagai contoh nyata bagaimana sebuah startup kecil yang mampu menghasilkan uang cukup besar dalam waktu yang singkat. Memang sih, angka satu milyar itu hanya total transaksinya saja. Profit yang diambil oleh Tokopedia dari situ ya belum tahu juga, mungkin hanya sekian persen atau bahkan tidak mengambil potongan sama sekali.

Dengan modal awal 2.5 milyar rupiah, sepertinya perjalanan Tokopedia mencapai profitabilitas masih cukup jauh, namun melihat pencapaian yang cukup signifikan ini saya pribadi cukup yakin Tokopedia akan mampu memuaskan para investor dan shareholdernya. Semua tentu dengan kerja keras yang dilakukan oleh para foundernya, Tokopedia di otak saya masih memimpin sebagai online shop karya anak lokal yang terbaik. Eit, tapi jangan terlena karena pemain-pemain besar akan datang dan tentunya akan memanaskan persaingan.

ps: Kalau pengguna Tokopedia panggilannya Tokopediawan, kalau anda sekalian pembaca DS saya panggil DS-wan dan DS-wati saja ya :D

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again