Categories

Berita

SB-ISAT Fund Kesulitan Mencari Startup Indonesia yang Layak (UPDATED)

Lima puluh juta dollar diharapkan habis dalam waktu satu setengah tahun ke depan

Michael Erlangga - 17 June 2015

Lebih dari setahun yang lalu, Indosat dan Softbank menginisiasi SB-ISAT Fund senilai $50 juta (sekarang bernilai lebih dari 668 miliar Rupiah) untuk mendanai startup Indonesia yang potensial. CEO Indosat Alexander Rusli di sela-sela pembukaan kompetisi IWIC 9 berujar saat ini pihaknya masih kesulitan mencari startup lain yang berkualitas untuk didanai. BeritaSatu mengabarkan bahwa dari total dana sebesar US$ 50 juta, sejauh ini hanya terpakai sekitar US$ 50 ribu saja.

Beberapa bulan silam, Dealoka yang merupakan alumni Ideabox batch pertama menerima pendanaan Seri A dari SB ISAT Fund. Qerja sebenarnya juga memperoleh pendanaan dari skema ini, tetapi tidak disebutkan oleh pihak Indosat.

“Kita berharap dalam waktu dua tahun, yang US$ 50 juta itu bisa habis. Sekarang ini yang terpakai masih kecil. Karena pengembang-pengembang aplikasi di Indonesia belum siap menerima uang sebesar itu,” kata Presdir dan CEO Indosat Alexander Rusli, mengutip BeritaSatu.

Sulitnya mencari startup yang berkualitas untuk didanai ditengarai karena pihaknya kalah persaingan dengan pemain asing yang terlebih dahulu memboyong startup berkualitas. Setelah pendanaan Dealoka yang senilai US$ 50 ribu, pihaknya kini masih mencoba untuk mengucurkan dana ke startup lokal yang memang layak.

“Jadi, memilih startup yang layak memang tidak mudah di Indonesia. Yang bagus-bagus, biasanya sudah diambil dari luar (asing). Jadi memang persaingannya sengit untuk pilih startup yang memang punya bisnis yang feasible ke depan,” ungkap Division Head Public Relations Indosat Adrian Prasanto.

Lebih lanjut berdasarkan penuturan Alexander Rusli, ajang Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) merupakan salah satu dari program yang juga berkemungkinan menumbuhkan startup-startup berkualitas yang nantinya bakal turut menyuburkan ekosistem digital Indonesia. Di tahun kesembilan ini, IWIC turut mendorong lahirnya perempuan-perempuan penggiat teknologi.

“Kami bangga dapat terus menghadirkan IWIC hingga tahun ke-9, sebagai bagian dari konsistensi dan komitmen kami dalam membangun ekosistem digital Indonesia,” ujarnya.

Update: Kevin Tano dari Dealoka mengkonfirmasi pendanaan Seri A yang diperoleh Dealoka dari SB-ISAT Fund bukan $50 ribu, melainkan $850 ribu.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter