1. Startup

SBM ITB Miliki Situs Marketplace The Greater Goods untuk Pasarkan Produknya

Menjadi tempat pemasaran dan penjualan produk dari dosen, mahasiswa atau alumni

Industri kreatif dan UKM Indonesia bertumbuh dengan cepat. Banyaknya sekolah bisnis dan pengusaha-pengusaha mudah menjadi salah satu alasan di belakangnya. Salah satu teknologi yang berperan mengubah potensi bisnis industri kreatif dan UKM ini adalah situs e-commerce berkonsep marketpalce.

Peluang ini juga yang dilihat oleh SBM (School of Business and Management) ITB dengan menghadirkan situs thegreatergoods.id. Sebuah situs marketplace yang berisikan produk-produk dari keluarga SBM ITB, baik itu mahasiswa, alumni, maupun dosen.

Bukan menjadi rahasia umum bahwa marketplace atau situs e-commerce sekarang ini bisa berperan sebagai etalase yang bisa menjangkau banyak konsumen. Ibaratnya sebuah lemari kaca yang bisa dilihat di mana pun dan kapan pun. Dilengkapi dengan sistem pembayaran marketplace menjelma sebagai pasar digital yang bisa menjangkau setiap pengguna di seluruh belahan dunia. Yang menghambatnya mungkin hanya akses logistik atau pengiriman barang.

The Greater Goods yang digagas SBM ITB ini memiliki peran demikian. Membantu produk-produk terbaik dari keluarga SBM ITB untuk dikenal banyak orang, mendunia. Setiap produk yang dipajang dan diperjual-belikan di The Greater Goods merupakan hasil seleksi. Hal ini dilakukan untuk menjamin dan memastikan SBM ITB dan The Greater Goods tidak menjajakan produk abal-abal yang memiliki kualitas rendah. Ada pun yang menjadi pertimbangan adalah kualitas produk atau layanan, konsistensi, dan kapasitas produksi dan keberlanjutan penyediaan jasa. Dalam pengembangan marketplace The Greater Goods SBM ITB dibantu oleh BNI, selaku penyedia sistem dan payment gateway di marketplace ini.

Dina Dellyana Director The Greater Goods sekaligus dosen SBM ITB kepada DailySocial menjelaskan,

“Selayaknya marketplace lainnya, mahasiswa, alumni, atau dosen bisa mendaftar dan membuka toko di sini. Namun bedanya, kita ada proses seleksi, hingga hanya yang kami anggap layak yang bisa mendaftarkan produk atau layanannya di sini. Kita juga ada tim kurator yang membantu memilah mana yang memenuhi syarat.”

Dari pengamatan DailySocial sampai berita ini ditulis The Greater Goods memang menampilkan beberapa kategori yang cukup terbilang komplit. Mulai dari kelengkapan fashion seperti sepatu dan tas, makanan dan minuman, buku, hingga kategori desain dan layanan lainnya. Hanya saja beberapa dari kategori tersebut masih kosong. Sebagai sekolah bisnis terobosan yang dilakukan SBM ITB ini patut diapresiasi. The Greater Goods bisa menjadi awal yang baik untuk bisnis memperkenalkan produk mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again