23 June 2014

by Yoga Wisesa

Screen Protector Kablam Membuat Smartphone Anda Tetap Aman Saat Dilindas Mobil?

Apapun yang diklaim oleh produsennya, produk screen protector biasanya tidak mampu melindungi device dalam kondisi ekstrim. Dalam beberapa kejadian tak terduga, bahkan proteksi sekelas tempered glass akan bertekuk lutut. Tapi jika Anda menginginkan perlindungan maksimal untuk perangkat pintar, mungkin Kablam bisa menjadi alternatif terbaik.

Menggunakan bahan polimer khusus dengan desain berlapis, Kablam mampu melindungi perangkat Anda dari segala macam kerusakan karena benturan. Dan hanya dengan menjelaskannya saja mungkin tidak bisa membuat Anda percaya pada kemampuan Kablam. Dengan alasan itu, mari kita simak dulu video demonstrasinya.

Di video ini, Anda menyaksikan bagaimana smartphone dapat bertahan setelah dihantam berkali-kali oleh martil, dijatuhkan dari ketinggian, bahkan setelah ia dilindas mobil. Bagaimana Kablam dapat melakukannya?

Kablam memanfaatkan kombinasi beberapa lapisan penyerap benturan, tingkat transparan yang jernih dan juga kemampuan anti-sidik jari. Walupun sudah mencoba mencari tahu bagaimana Kablam dibuat, tampaknya tim developer benar-benar menjaga 'formula rahasia' mereka. Kablam memastikan agar smartphone tetap nyaman dan intuitif saat digunakan, dan juga cara pemasangan yang mudah - seperti memasang lapisan anti-gores biasa.

 

Info menarik: Samsung Galaxy Tab S Berlayar AMOLED Dijadwalkan Muncul Juni Mendatang?

 

Satu hal yang membuat saya kagum adalah tingkat kekerasan Kablam di 9 skala Mohs. Kita ambil contohnya tempered glass. Jenis proteksi ini memiliki tingkat kekerasan yang sama seperti batu kuarsa, di 7 skala Mohs. Dengan begitu, hanya ada sedikit logam yang bisa menggoresnya: carbon steel dan tungsten carbide, material yang jarang kita temui secara umum. Walau begitu beberapa jenis batu alami masih dapat merusaknya.

Dengan 9 skala Mohs, itu berarti Kablam memiliki tingkat kekerasan layaknya corundum - atau mineral pembentuk batu safir dan rubi. Dan hanya berlian-lah yang mampu menggoresnya. Material ini biasanya dibuat secara sintetis sebagai kaca pada arloji eksklusif, namun uniknya, Kablam tersaji seperti screen protector berbasis plastik biasa: lentur, ringan dan tipis - dengan ketebalan hanya 0,26 milimeter.

Lalu untuk perangkat-perangkat seperti apa saja Kablam bisa digunakan? Berita baiknya, sang developer memastikan bahwa Anda bisa mengkustomisasi ukurannya sesuai keinginan - untuk berbagai jenis perangkat elektronik. Berkat metode laser-cutting, itu berarti Anda bisa memesan Kablam bukan hanya untuk melindungi smartphone, tapi juga jam tangan, MP3 player, tablet dan kamera.

 

Info menarik: MisTable, Teknologi Interface Kombinasi Hologram dan Layar Sentuh

 

Demi mempertahankan kualitasnya, Kablam hanya akan diproduksi di Amerika. Selain itu, pengguna Kablam juga mendapatkan garansi seumur hidup.

Satu hal lagi, sang developer berjanji akan menawarkan harga yang sangat terjangkau. Walaupun belum resmi, sepertinya untuk ukuran smartphone standar, Kablam hanya akan dijual seharga beberapa belas dolar saja - bergantung dari ukurannya. Dengan begitu ia lebih murah dibanding screen protector berbahan tempered glass.

Sumber: Kickstarter.