Categories

Berita

Scribd Kini Menjadi Lebih Sosial Dengan Tampilan Baru

Wiku Baskoro - 14 September 2010

Scribd lakukan perubahan pada tampilan situs mereka dan menambah beberapa layanan baru. Seperti yang dijelaskan pada blog resmi mereka, perubahan ini merupakan langkah lanjutan dari layanan Scribd untuk menjadi lebih sosial.

Scribd yang merupakan situs penerbitan sosial terbesar yang juga menjadi tempat para pembaca untuk mendapatkan berbagai konten yang informatif, menghibur dan orisinal, baik itu di web maupun di perangkat bergerak memang telah menambahkan beberapa fitur untuk mendukung layanan ini menjadi lebih sosial, seperti melakukan integrasi dengan Facebook dan Twitter, menambahkan fitur feed, serta memudahkan konversi dokumen yang lebih ramah teknologi HTML5.

Pembaruan desain yang dilakukan Scribd akan memudahkan pengguna terkoneksi dengan relasi mereka yang punya minat yang sama terhadap bacaan tertentu, perubahan fasilitas feed bacaan akun Scribd pengguna menjadi lebih personal dan memberikan rekomendasi atas bacaan yang cocok untuk mereka.

Beberapa hal baru yang ada di Scribd antara lain, tampilan ikon dokumen kini tampil dengan ukuran yang lebih besar, disertai dengan perubahan dari tampilan tiga kolom menjadi dua kolom, serta feed pengguna kini lebih ditargetkan pada aktivitas sosial yang berhubungan dengan bacaan relasi Anda seperti memberi komentar, menerbitkan konten serta aktivitas readcasting, dimana akan ada keterangan untuk aktivitas membagikan konten yang ada di Scribd ke layanan lain seperti Twitter, Facebook atau ke relasi pengguna di Scribd sendiri.

Scribd juga mengubah tampilan 'rak buku' mereka yang tampilannya kini lebih trendi. 'Rak buku' ini berguna untuk membarikan fasilitas bagi pengguna yang tidak secara langsung membaca konten yang ada di Scribd, tetapi menyimpannya untuk dibaca kemudian, juga untuk membuat 'koleksi' bahan bacaan yang mungkin diperlukan lagi dilain waktu.

Fasilitas sosial yang menjadi titik utama diperubahan tampilan ini juga bisa terlihat pada tampilan di fasilitas Reading Activity Feed, pengguna bisa menemukan siapa saja yang membaca atau memberi komentar bacaan tersebut dan mengetahui juga siapa saja yang telah me-readcast bacaan itu.

Menjadi lebih sosial sepertinya memang 'mantra' yang dilakukan banyak layanan berbasis web, seiring juga dengan berbagai trend, dimana sisi sosial menjadi faktor penting, mulai dari Google yang terus mengembangkan sisi sosial mereka, layanan mesin pencari yang lebih ramah pada sisi sosial, sampai dengan perkembangan layanan berbasis sosial seperti Twitter dan Facebook yang penggunaanya tidak sebatas jejaring sosial saja, namun untuk berbagi informasi.

Perubahan tampilan serta penambahan fitur baru dari Scribd ini hanya beberapa perubahan dari berbagai rencana lain yang akan dilakukan layanan yang telah memiliki 10 juta pembaca setiap bulannya, dan sekitar 10 juta dokumen yang telah dipublikasikan. Berbagai rencana pengembangan akan dirilis dalam beberapa minggu dan bulan kedepan.

Berikut penjelasan dari co-founder dan CEO Scribd, Trip Adler.

The Future of Reading and Publishing is Social

Sumber gambar: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter