Categories

Gadget

Seagate Perkenalkan Hard Disk Baru Berkapasitas 5TB

Seagate Backup Plus Portabel 5TB mengadopsi teknologi 1TB platter dan dibanderol $189

Bambang Winarso - 17 November 2016

Pabrikan perangkat penyimpanan papan atas, Seagate hari ini kembali memperkenalkan varian baru dari jajaran Backup Plus Portabel berupa hard disk eksternal yang memiliki kapasitas seluas 5TB. Kapasitas besar ini memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menyimpan berkas dalam jumlah yang besar pula.

Hard disk ekstra luas terbaru Seagate ini mengadopsi desain yang dulunya ditanamkan di jajaran hard disk BarraCuda, 1TB platters. Desain ini pertama kali diperkenalkan oleh Seagate di ajang CES Januari lalu. Keunggulan lainnya, hard disk ini tidak membutuhkan sumber tenaga tersepisah seperti hard disk lainnya, sehingga sepenuhnya berfungsi sebagai perangkat portabel.

Kendati demikian, hard disk tak lantas mengorbankan kecepatan transfer data yang diklaim mencapai 120MB/s menggunakan USB 3.0. Dari segi desin, hard disk mempunyai ketebalan pelapisnya mencapai 0.8 inci (20.5mm) yang memang dua kali lebih tebal dari Backup Ultra Slim yang mempunyai 0.38 inci dan Backup Slim setebal 0.4 inci. Namun ketebalan ini dinilai masih dapat diterima mengingat kapasitas yang ditawarkan dua kali lebih lega atau setara dengan dua lapis perangkat-perangkat pembanding tersebut.

Perangkat juga dilengkapi dengan aplikasi Seagate Dashboard yang memudahkan pengguna mengelola berkas secara lokal, mobile, cloud dan juga media sosial. Kemudahan ini dapat dinikmati baik dari Windows maupun Mac.

Seagate Backup Plus Portabel 5TB dijadwalkan mulai dijajakan pada akhir bulan ini dengan banderol di kisaran $189.9 per unitnya.

Sumber berita Seagate.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter