Categories

Gadget

Seagate Luncurkan Hard Disk Berkapasitas 10 TB untuk PC Rumahan

10 terabyte dalam satu slot hard disk saja

Glenn Kaonang - 20 July 2016

Dahulu saya masih ingat saat seorang teman terkagum melihat PC saya yang mengemas hard disk sebesar 8 GB. Sekarang, untuk satu film Blu-ray saja 8 GB sudah tidak cukup. Resolusi kamera terus meningkat, termasuk halnya video 4K yang kini menjadi standar untuk smartphoneflagship.

Intinya, semakin hari kita membutuhkan kapasitas penyimpanan semakin besar. Anda boleh saja mengandalkan cloud storage, tapi jangan salahkan siapa-siapa ketika ada kendala pada koneksi internet.

Produsen hard disk Seagate baru-baru ini mengumumkan produk baru yang bisa menjadi jawaban atas tuntutan pengguna PC akan sebuah hard disk berkapasitas ekstra besar, tepatnya 10 terabyte. Seagate Barracuda Pro 10 TB dirancang untuk kebutuhan PC rumahan, bukan untuk sistem pengawasan maupun server.

Selebihnya Barracuda Pro tidak jauh berbeda dari hard disk tipe piringan lainnya, dengan ukuran 3,5 inci dan kecepatan putaran 7.200 RPM. Satu-satunya kelebihannya hanyalah kapasitas masif yang siap menampung koleksi konten multimedia Anda tanpa menyia-nyiakan slothard disk pada PC.

Kabar buruknya, harganya tidak murah. Seagate Barracuda Pro 10 TB dipatok senilai $535. Mungkin untuk sekarang akan lebih bijak untuk menggaet dua hard disk berkapasitas 8 TB dengan harga yang tidak jauh berbeda, dengan catatan suplai daya PC Anda cukup untuk dua hard disk sekaligus.

Bagaimana jika daya PSU (Power Supply Unit) milik PC kecil? Apakah Barracuda Pro 10 TB bisa menjadi alternatif yang lebih ideal? Hmm, tidak juga kalau menurut saya pribadi. Anda memang bakal membutuhkan biaya lebih besar untuk mendapatkan sepasang HDD 8 TB plus mengganti PSU Anda dengan yang baru, tapi di saat yang sama Anda pun mendapat total kapasitas 16 TB.

Read more

Sumber: Engadget dan Seagate.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter