29 August 2014

by Yoga Wisesa

Seagate Hadirkan Hard Disk 8 Terabyte Pertama di Dunia

Pada bulan Mei, Seagate - perusahaan yang terkenal dengan kemahirannya dalam memproduksi unit penyimpanan - sudah mengambil ancang-ancang untuk mengenalkan produk baru. Di tahun lalu, Western Digital berhasil menyentuh batasan 6 terabyte. Tapi pada tanggal 26 Agustus kemarin, mahkota kembali direbut Seagate dengan hard disk 8TB pertama di dunia.

Demi memecahkan rekor, Western Digital menggunakan teknik eksperimental dan mengisi bagian drive dengan helium. Seagate sendiri malah mengadopsi pendekatan lebih tradisional: mereka hanya meningkatkan kepadatan pada bagian cakram 3,5-incinya. Hard disk baru Seagate akan lebih dulu ditujukan pada konsumen enterprise.

Ada beberapa hal menarik yang ditawarkan oleh hard disk 8TB ini. Seagate mengklaim bahwa delapan terabyte bukan hanya memberikan ruang penyimpanan data sangat lapang, tapi seluruh paket tersebut menyajikan biaya total kepemilikan paling rendah dan hemat listrik untuk sebuah infrastruktur industri berskala besar. Anda bisa memanfaatkannya untuk sistem cloud, penyimpanan data sehari-hari, hingga untuk cadangan.

 

Info menarik: Hard Disk Khusus Surveillance Terbaru Seagate Sudah Mulai Tersedia di Indonesia

 

Perancangan hard drive berkapasitas tinggi tersebut dilatarbelakangi kebutuhan penyimpanan yang semakin meningkat. Kita tahu, kini internet dan konektivitas merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Dengan alasan itu pula, konten online kian bertambah banyak. Mau tak mau kita membutuhkan medium penyimpanan yang lebih besar juga.

Scott Horn selaku marketing vice president Seagate menyampaikan, "Saat dunia kita menjadi lebih mobile, jumlah perangkat yang kita gunakan untuk membuat dan mengkonsumsi data mendorong ledakan data tidak terstruktur. Hal ini membuat para insinyur cloud segera mencari cara-cara inovatif baru untuk menciptakan perangkat penyimpanan hemat daya dan berkapasitas besar untuk pusat-pusat data pribadi maupun berbasis cloud."

Produk Seagate ini adalah jawaban atas kondisi jumlah data tak tersturktur, biasanya memanfaatkan penyimpanan berwujud hard disk 3,5-inci. Dengan menyajikan penyimpanan delapan terabyte di satu slot, ia menawarkan kerapatan rak data maksimal dalam satu lokasi. Bukan hanya rendah daya listrik dan ekonomis, hard disk 8TB Seagate juga hemat tempat.

 

Info menarik: Menjajal Seagate Backup Plus Fast, Portable Drive Berkapasitas 4TB Pertama di Dunia

 

Menurut lembaga riset IDC, produk 8TB dari Seagate akan memberikan opsi lebih luas bagi para manager IT untuk memaksimalkan kerapatan medium penyimpanan di pusat data, mempermudah mereka dalam mengelola data perusahaan. Ia juga alternatif terbaik bagi bisnis kelas menengah dan juga pusat data publik.

Dalam peluncurannya, Seagate dibantu oleh Cleversave. Ia adalah perusahaan IT yang juga fokus pada teknologi penyimpanan, cloud, file sharing, pengarsipan dan backup data. Khalayak target layanan Cleversave meliputi media, bisnis hiburan, layanan keuangan, periklanan, komunikasi perusahaan, pemerintahan, telekomunikasi hingga jasa photo sharing. Hal ini memberikan kita gambaran bahwa produk baru Seagate itu sangat fleksibel.

Hard disk delapan terabyte Seagate mengusung teknik multi-drive RV (rotational vibration) dengan koneksi SATA 6Gb (gigabit) per detik, mengindikasikan kecepatan 7200 RPM. Ia mungkin bukan medium penyimpanan tercepat, tapi sudah pasti yang terbesar saat ini. Belum ada informasi soal harga. Asumsi saya, sekitar US$ 500-an saat ia tersedia nanti.

Gambar header: Reqor.com.